Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah Pada Wanita

Tiba-tiba mengalami sakit perut sebelah kiri bagian bawah yang tak kunjung hilang, segera atasi bisa jadi itu gejala penyakit serius, utamanya jika dialami oleh wanita. Apa saja penyebabnya ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silahkan disimak !

Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah Pada Wanita

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah Pada Wanita

Ada banyak hal yang menjadi sebab munculnya sakit perut kira bagian bawah pada wanita maupun pria. Mulai dari penyakit ringan seperti karena tinja mengeras atau karena adanya penyakit berat seperti batu ginjal, kista ovarium hingga penyakit kanker.

Sakit perut sebelah kiri yang ringan biasa akan berkurang dan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun ketika kita mengalami sakit perut kiri terus menerus tanpa sebab yang jelas perlu berhati-hati dan dianjurkan untuk segera mengunjungi pusat kesehatan terdekat.

Utamanya jika nyeri perut yang dirasakan tak kunjungi membaik atau bahkan terus memburuk maka hal tersebut perlu segera diatasi.

Dari letak munculnya rasa nyeri, maka ada beberapa kemungkinan penyebab dari munculnya sakit perut sebelah kiri bagian bawah yakni sebagai berikut :

  • Cedera
  • Penyakit usus buntu.
  • Infeksi ginjal
  • Divertikulitis.
  • Usus besar yang
  • Penyakit Crohn.
  • Kanker.

Sementara itu, jika yang mengalami sakit perut sebelah kiri bagian bawah adalah seorang wanita maka berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab munculnya kondisi tersebut yakni :

Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk didalam ovarium ( indung telur ) yakni salah organ yang termasuk kedalam salah satu sistem reproduksi wanita yang memiliki fungsi sebagai penghasil sel telur dalam setiap bulannya serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron.

Fungsi ovarium dapat terganggu ketika ovarium bermasalah salah satunya karena tumbuhnya kista di ovarium.

Indikasi atau gejala dari kista ovarium adalah timbulnya rasa sakit perut sebelah kiri bagian bawah, siklus menstruasi tidak teratur, sulit hamil, rasa nyeri pada tulang panggul, nyeri saat berhubungan seksual, serta kesulitan buang air besar atau buang air kecil.

Jika kondisi tersebut telah dialami oleh penderita kista ovarium maka perlu dilakukan tindakan pengobatan yang serius karena kondisi tersebut menunjukan bahwa kista yang diderita sudah berukuran besar sehingga perlu dilakukan tindakan medis berupa operasi kista ovarium.

Wanita Mengalami Ovulasi

Selanjutnya sebab wanita mengalami sakit perut sebelah kiri adalah karena tengah mengalami ovulasi yakni kondisi dimana sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi yang selanjutnya akan dibawah oleh tuba falopi ke rahim. Ketika sel telur tersebut bertemu dengan sperma pria maka akan dibuahi dan terjadilah kehamilan.

Sel telur setidaknya mampu bertahan selam 24 jam pasca di keluarkan, sementara sperma dapat bertahan hingga seminggu. Untuk itu bagi anda yang merencakan kehamilan maka dianjurkan untuk melakukan hubungan suami isteri dalam jangka waktu tersebut.

Salah satu indikasi wanita sedang masuk waktu ovulasi adalah timbulnya rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri, mengalami keputihan, lebih bergairah hingga subu basah tubuh.

Endometriosis

Endometriosis adalah masalah pada sistem reproduksi wanita yakni kondisi dimana tubuhnya jaringan endometrium ( lapisan dalam dinding rahim ) di luar rahim.

Setiap bulannya wanita akan melepaskan hormon yang memicu terjadinya penebalan dinding rahim sebagai persiapan untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi. Namun apabila tidak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah yang keluar dari mrs.v.

Endometrium yang menempel di lura rahim akan mengiritasi jaringan disekitarnya dan lama kelamaan jaringan parut bekas iritasi akan terbentu.

Endometriosis bukanlah penyakit mematikan, namun gejala yang ditimbulkan asan sangat menganggu. Gejala Endometriosis yang paling sering terjadi adalah sakit yang luar biasa pada saat menstruasi hingga penderita mengalami sakit saat buang air kecil maupu besar bahkan pada saat berhubungan suami istri.

Tidak hanya itu, penderita juga bisa mengalami menstruasi berlebih dan adanya darah pada urine atau tinja.

Ketika kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Infeksi Tuba Falopi

Selanjutnya wanita yang mengalami sakit perut sebelah kiri bagian bawah juga bisa karena mengalami infeksi tuba falopi yang menyebabkan tuba falopi tersumbat.

Ketika hal tersebut terjadi maka wanita akan tidak bisa hamil sehingga sulit mendapatkan keturunan. Tersumbatnya tubal falopi dalam istilah medis disebut dengan istilah Hydrosalphinx.

Indikasi atau gejala infeksi tuba falopi yakni timbulnya rasa nyeri disekitar perut serta dan area panggul serta keluarnya cairan dari organ itim sipenderita.

Masalah Pada Leher Rahim

Terakhir, hal yang bisa menyebabkan sakit perut kiri bagian bahwa pada wanita adalah karena adanya gangguan pada leher rahim seperti infeksi rahim hingga kanker serviks.

Itulah, beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah pada wanita, dan ingat jangan pernah anggap sepele segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika anda mulai merasakan keluhan nyeri di perut kiri yang tak kunjung hilang.

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Jika anda merasa malas atau takut jika harus menemui dokter, maka hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhann sakit perut kiri bagian bawah khususnya yang dialami oleh wanita adalah dengan mengkonsumsi obat tradisional QNC GAMAT.

QNC GAMAT > Rp.155.000/boto isi 300ml

QNC GAMAT adalah obat tradisional yang terbuat dari ekstrak gamat emas yang telah terbukti mampu mengatasi berbagai gangguan pada organ reproduksi wanita seperti kista, miom, tumor hingga kanker rahim secara alami tanpa efek samping.

Produk telah resmi terdaftar di BPOM dengan nomer POM TR 173301471 sehingga terjaminan keamanannya.

Bagi wanita yang mengalami gangguan reproduksi yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di perut maka konsumsi rutin QNC GAMAT 3 kali sehari 2 sendok makan sekali minum dapat membantu meringankan gejala serta mengobati penyebab sakit hingga ke akar-akarnya.

Informasi produk dan pemesanan, silahkan hubungi costumer service kami di : 0812.1445.0888 ( TLP/SMS/WA )

Demikianlah informasi tentang sakit perut sebelah kiri bagian bawah pada wanita dan pengobatannya ini semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *