Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Dan Cara Mengobatinya

Banyak yang menganggap sakit perut sebelah kanan atas adalah biasa, namun tahukah anda bahwa kondisi tersebut juga bisa merupakan indikasi atau penyakit tertentu yang lebih berat. Maka dari itu jangan pernah anggap ketahui penyebabnya guna mendapatkan penganan yang tepat.

Sakit Perut Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Dan Cara Mengobatinya

Hampir sebagian besar orang menganggap timbulnya sakit perut sebelah kanan atas adalah hal yang biasa sehingga tidak terlalu perlu diatasi. Namun ketika sakit perut yang dialami terjadi terus menerus dan tidak kunjung membaik maka sebaiknya anda mewaspadainya karena kondisi tersebut bisa jikad indikasi atau gejala penyakit berat.

Sakit perut umumnya digunakan untuk keadaan rasa sakit yang berasal dari organ-organ dalam rongga perut, mengingat didalam perut terdapat beberapa struktur dan organ.

Beberapa contoh organ yang terdapat didalam perut adalah lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantung empedu, limpa dan pankreas.

Nah, rasa sakit perut sebelah kanan atas bisa berasal dari adanya masalah pada beberapa organ tersebut yang mana bisa bersifat ringan hingga berat.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Secara umum sakit perut bisa disebabkan karena peradangan misal karena usus buntu, divertikulitis, dan kolitis atau juga bisa karena peregangan atai distensi organ seperti obstruksi usus, penyumbatan saluran empedu oleh batu empedu, atau pembengkakan hati dengan hepatitis.

Timbulnya sakit perut juga bisa disebabkan karena tidak adanya pasokan darah ke organ dalam perut seperti penyakit kolitis iskemik hingga sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS).

Rasa sakit pada perut bisa diberbagai bagian perut seperti : perut bagian tengah, kanan, atau kiri. Berbeda letak nyerinya, maka berbeda pula penyebabnya. 

Nah, secara umum penyebab sakit perut sebelah kanan adalah karena adanya beberapa kondisi sebagai berikut, yakni :

Radang Usus Buntu ( Apendisitis )

Apendisitis atau radang usus buntu adalah penyebab paling sering timbulnya sakit perut sebelah kanan utamanya jika dirasakan pada bagian bawah perut.

Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari usus besar, peradangan terjadi ketika organ ini mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan infeksi dan terjadilah peradangan atau pembengkakan yang menimbulkan rasa nyeri.

Nyeri yang timbul dimulai dari perut disekitr pusar yang menyebar ke perut sebelah kanan bawah. Rasa nyeri yang timbul menetap dan akan jauh lebih butuk ketika penderita bergerak atau mendapatkan tekanan.

Selain perut terasa sakit, penderita radang usus buntu juga biasanya mengalami nafsu makan, mual, muntah, dan demam.

Operasi menjadi salah satu bentuk pengobatan yang sering dilakukan utamanya jika usus buntu terindikasi pecah maka operasi harus segera dilakukan.

Kolik Bilier

Kolik Bilier adalah kondisi dimana timbul sakit perut sebelah kanan yang terjadi secara tiba-tiba. Kolik Bilier berlangsung selama beberapa menit hingga satu jam dan menetap namun rasa nyeri bisa meningkat inetsitasnya seperti gelombang.

Nyeri yang timbul umumnya berawal dari perut bagian kanan ke sisi samping kanan dan bawah tulang belikat kanan. Selain itu, penderita juga bisa merasa mual dan muntah.

Segera atasi dengan serius ketika anda mengalami sakit perut diatas utamanya jika sakit perut yang muncul diikuti dengan kondisi demam, merasa panas dingin atau menggigil, kekuningan di sekitar area putih mata.

Batu Ginjal

Selanjutnya, timbulnya nyeri perut sebelah kanan juga bisa disebabkan karena batu ginjal. Rasa nyeri akibat batu ginjal mirip dengan nyeri karena kolik bilier. Dimana rasa nyeri timbul secara mendadak dan terjadi di bagian perut kanan dan menjalar hingga pangkal paha.

Rasa nyeri yang timbul datang dengan intensitas yang parah sehingga akan membuat orang yang menderita tersiksa dan berusaha untuk mecarai posisi yang nyaman. Rasa nyeri yang timbul tergantung dari ukuran batu ginjal.

Operasi menjadi salah satu pengobatan yang biasa dilakukan oleh dokter untuk menangani gejala batu ginjal, utamanya jika batu ginjal yang diderita memiliki ukuran lebih dari 7 mm.

Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana kesulitan buang air besar karena fases keras akibat jarinya buang air besar. Normalnya orang dewasa buang air besar sebanyak 3 kali atau lebih per minggu.

Ketika seseorang mengalami kesulitan buang air besar maka biasanya akan mengalami nyeri perut sebelah kanan. Jika tidak diatasi sembelit bisa menyebabkan muntah hingga pembengkakan pada perut sehingga perut membesar.

Penyakit Lain

Selain beberapa hal tersebut sakit perut sebelah kanan juga bisa menjadi salah satu indikasi atau gejala dari beberapa penyakit lainnya seperti : radang kelenjar getah bening, kista ovarium, hamil di luar rahim, hepatitis, asam lambung naik, cedera otot, hepatitis b, gejala tipes, radang lambung hingga kanker abdomen.

Itulah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri perut sebelah kanan, jadi jangan pernah anggap sepele gangguan nyeri perut sebelah kanan karena bisa jadi itu gejala penyakit serius. Dianjurkan segera menemui dokter jika anda meraskan nyeri perit sebelah kanan yang tak kunjung membaik.

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Sendiri Dirumah

Sebelum menemui dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna meringankan sakit perut yang dialami yakni berupa :

  1. Makan-makanan yang sehat dan dengan jadwal teratur
  2. Olahraga teratur
  3. Hindari stress
  4. Jangan merokok, dan mengkonsumsi alkohol
  5. Minum yang cukup : untuk wanita, yang dianjurkan adalah 8 gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.
  6. Kompres area perut yang nyeri, dengan botol berisi air hangat
  7. Konsumsi obat tradisional QNC GAMAT

QNC GAMAT adalah obat tradisional yang terbuat dari ekstrak gamat emas yakni hewan laut yang terbukti memiliki segudang manfaat salah satunya adalah sangat efektif didalam mengatasi peradangan dalam tubuh.

Khasiat QNC GAMAT adalah baik untuk mencegah dan menyembuhkan radang usus buntu, meluruh batu ginjal, menagatasi sembelit, hingga mengatasi tumor dan kanker yang menjadi penyebab munculnya gangguan sakit perut bagian kanan.

Tidak hanya itu, obat tradisional QNC GAMAT juga bagus dikonsumsi oleh pendeirta kista, miom, radang lamung, hepatitis, tipes dan radang lambung.

Dengan begitu maka sangatlah tepat jika QNC GAMAT dikonsumsi oleh anda yang merasakan nyeri perut guna meringankan nyeri sekaligus mengobati penyebabnya secara alami.

JADI, BAGI ANDA YANG MEMILIKI KELUHAN SAKIT PERUT SEBELAH KANAN KONSUMSI QNC GAMAT ADALAH ALTERNATIF TERBAIK UNTUK MENYEMBUHKANNYA.

QNC GAMAT > Isi 300ml Harga Rp.155.000/botol

Informasi produk dan pemesanan silahkan hubungi costumer service kami di : 0812.1445.0888 ( TLP/SMS/WA )

Demikianlah informasi tentang sakit perut sebelah kanan dan cara mengobatinya ini semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *