Pantangan Makanan Penderita Tumor Jinak Payudara

Jika saat ini anda menderita gejala tumor payudara maka inilah pantangan makanan penderita tumor jinak payudara yang sebaiknya anda ketahui dan hindari agar tumor payudara yang anda derita tidak semakin parah dan dapat dikendali, dengan begitu maka hal buruk yang bisa muncul akibat tumor payudara bisa anda hindari utamanya jika tumor payudara yang anda derita masuk dalam kategori tumor ganas ( kanker payudara ).

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang masuk kedalam tubuh memiliki pengaruh terhadap kondisi penyakit tumor payudara yang diderita sehingga sangat penting bagi anda penderita tumor untuk selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Dimana ada makanan yang dapat memberikan efek positif sehingga dapat meringankan gejala dan sebaliknya ada juga yang dapat memberikan efek negatif yakni justru dapat memperparah atau memperberat gejala tumor payudara yang muncul.

Itulah sebabnya mengapa penting bagi anda penderita tumor payudara untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari jangan sampai makanan yang seharusnya tidak baik dikonsumsi ( pantang ) malah anda konsumsi.

Pantangan Makanan Penderita Tumor Jinak Payudara

Pantangan Makanan Penderita Tumor Jinak Payudara

Bagi anda penderita tumor payudara jinak dan ganas maka inilah pantangan makanan penderita tumor jinak payudara yang sebaiknya anda hindari guna mencegah gejala yang timbul semakin berat.

Makanan ini telah diteliti dan hasilnya jika dikonsumsi oleh penderita tumor payudara bisa menyebabkan keluhan tumor semakin berat. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Fadhil yang kami kutip dari laman alodokter.com.

Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penderita tumor jinak payudara, yakni :

  • Makanan tinggi lemak ( misal : daging sapi, paha ayam, keju, ikan sarden, kentang goreng dll )
  • Makanan yang dimasak dengan cara dibakar/dipanggang, diasapi, dan diasamkan.
  • Alkohol
  • Kue-kue kering dan makanan yang mengandung mentega
  • Makanan seperti daging kambing/domba, daging sapi, keju, kream, dan ice cream sebaiknya dibatasi
  • Makanan-makanan cepat saji

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita tumor payudara agar penyakit dan gejala yang muncul tidak semakin parah sehingga penyakit bisa lebih dikendalikan dan mudah disembuhkan, karena beberapa jenis makanan tersebut bisa menimbulkan efek negatif dan membuat tumor payudara terus berkembang ( parah ).

Ciri-ciri tumor payudara parah :

  1. Terdapat benjolan atau penebalan pada payudara atau di dekat payudara seperti di ketiak yang tetap terasa setelah masa haid selesai. Benjolan tidak bisa bergeser ke kanan kiri ketika disentuh.
  2. Terdapat area yang jelas terasa atau terlihat berbeda pada salah satu atau kedua bagian payudara.
  3. Terjadi perubahan pada bentuk, ukuran, dan kontur payudara.
  4. Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada puting, seperti kemerahan, cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik.
  5. Keluar cairan bening atau berdarah dari payudara.
  6. Payudara atau ketiak terasa nyeri terus menerus.

Segera lakukan penanganan dan pengobatan cepat dan tepat ketika tumor payudara yang anda derita mengarah atau menujukan gejala parah tersebut.

Bagi penderita tumor payudara disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung phytochemical, antioksidan, antiestrogen, dan chemopreventive karena kandungan tersebut memiliki kemampuan melawan sel tumor agar tidak berkembang.

Beberapa contoh makanan tersebut adalah berupa : kol, brokoli, kubis, bawang putih, teh hijau, kedelai, dan sebagian besar buah-buahan.

Penderita tumor juga disarankan mengkonsumsi daging ikan karena mengandung lemak omega 3 yang diyakini dapat menghambat pertumbuhan tumor payudara.

Demikianlah informasi singkat tentang pantangan makanan penderita tumor jinak payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman kami dan salam sehat !

Baca Juga :

Gejala Tumor Payudara Pada Wanita

Post By
https://www.sehatwalatra.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *