Pantangan Makanan Tumor Hati

Untuk penderita tumor hati inilah beberapa pantangan makanan tumor hati yang wajih dihindari oleh penderita agar penyakit tidak semakin parah serta proses pengobatan bisa berjalan maksimal.

Pantangan Makanan Tumor Hati

Hal yang penting untuk diperhatikan dalah proses pengobatan dan penyembuhan penyakit tumor hati adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jangan sampai salah konsumsi makanan yang mana hal tersebut justru dapat membuat penyakit yang diderita semakin parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Hati adalah organ terbesar dalam tubuh yang terleta di perut kanan atas.

Hati memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh salah satunya adalah sebagai penyaring racun dalam darah yang selanjutkan akan dibuang.

Fungsi hati dalam tubuh juga sebagai penyimpan energi dalam bentuk gula serta menghasilkan cairan empedu guna memecah makanan di saluran pencernaan.

Ketika fungsi hati terganggua maka dapat berdampak buruk pada tubuh serta menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan. Fungsi hati dapat terganggu ketika organ hati bermasalah.

Ada beberapa gangguan yang dapat membuat hati kehilangan fungsinya yakni penyakit liver, hepatitis, sirosis hati, kanker hati hingga tumor hati.

Tumor hati adalah kondis dimana adanya perkembangan sel yang tak terkendali dalam organ hati yang bersifat jinak ( benign ) dan ganas ( malignant ).

Berdasarkan klasifikasi keganasaanya, tumor hati terbagi kedalam beberapa jenis yakni tumor hati jinak terdiri dari hemangioma, hepatocellular adenoma, dan hiperplasia fokal nodular sementara tumor hati ganas berupa hepatocellular carcinoma dan cholangiocarcinoma.

Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak di hati yang tumbuh dibagian dalam atau permukaan pembuluh darah pada hati. Karena besifat jinak biasanya hemangioma sering tidak menimbulkan gejala sehingga tidak memerlukan penanganan khusus.

Namun jika hemangioma terjadi pada bayi maka perlu diatasi segera karena bisa berbahaya yakni dengan cara mengangkat tumor tersebut.

Adenoma Hati

Adenoma Hati adalah tumor jinak pada hati yang jarang ditemukan kasusnya. Tumor ini bisa terus berkembang sehingga ukurannya bisa terus membesar, dan ketika ukurannya sudah lebih dari 5cm maka dokter biasanya akan menyarakan operasi.

Hiperplasia fokal nodular

Hiperplasia fokal nodular juga jenis tumor hati jinak yang jarang terjadi dan sering tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi sebagian besar penderitanya mengeluhkan sakit di perut bagian atas.

Hepatoma

Hepatoma adalah tumor ganas yang umum terjadi, penyakit ini biasanya lebih bersiko dialami oleh penderita hepatitis b dan sirosis hati.

Indikasi atau gejala hepatoma adalah nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas, hilang nafsu makan, mudah lelah dan terkena penyakit kuning.

Cholangiocarcinoma

Cholangiocarcinoma adalah kanker yang tumbuh dan berkembang disaluran emedu yakni saluran yang menghubungkan hati dengan kantung empedu dan usus kecil. Tumor ini biasa terjadi pada orang berusia diatas 50 tahun.

Pengobatan yang dilakukan akan berbeda tergantung dari jenis tumor hati yang diderita serta seberapa parah penyakit yang diderita.

Baca : Cara Mengobati Tumor Hati Secara Alami

Namun apapun pengobatan yang dilakukan penting untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh penderita tumor hati.

Pantangan Makanan Tumor Hati Wajib Dihindari Penderita

Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan tumor hati yang wajib dihindari oleh penderita tumor hati agar penyakit yang diderita tidak semakin parah serta pengobatan dan penyembuhan yang tengah dijalani bisa maksimal, yakni :

Makanan Mengandung Garam

Garam merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan untuk menambah cita rasa pada setiap makanan, karena makanan tanpa garam akan teras hambar.

Namun bagi penderita tumor hati, konsumsi garam dapat memperparah gejala yang dirasakan atau timbul selama ini sehingga makanan mengandung garam wajib dihindari.

Hal tersebut terjadi karena garam dapat meningkatkan air terakumulasi dalam hati dan menyebabkan pembengkakan.

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, namun sebelum diserap oleh tubuh bisanya protein akan terlebih dahulu dipecat oleh hati.

Namun ketika hati mengalami masalah maka protein yang masuk kedalam tubuh tidak dapat diolah sehingga justru akan menumpuk menjadi limbah dan menjadi racun bagi hati.

Tidak hanya itu, asupan protein yang tinggi dalam tubuh juga bisa memicu terjadinya kerusakan pada hati lebih parah serta gejala yang muncul akan semakin memburuk. Untuk itu bagi penderita tumor hati makanan mengandung protein tinggi wajib dihindari.

Contoh makanan yang mengandung protein tinggi adalah : susu, daging, unggas, ikan dan telur.

Agar penderita tumor hati tetap mendapatkan asupan protein maka bisa mengkonsumsi produk kedelai dan kacang-kacangan sebagai penggantinya.

Makanan Mengandung Lemak, Kolesterol Dan Kalori Tinggi

Pantangan makanan tumor hati selanjutnya adalah penderita wajib mengindari makanan yang mengandung lemak, kolesterol serta kalori tinggi.

Jenis makanan tersebut akan membuat hati bekerja keras dalam mengolah dalam tubuh sehingga akan semakin parah.

Contoh makanan tinggi lemak : kue dan pai kemasan, onion ring goreng, kentang goreng, dan keripik.

Rokok dan Alkohol

Menghindari kedua jenis makanan tersebut adalah sangat dianjurkan karena selain dapat memperparah penyakit tumor hati, makanan tersebut juga bisa menjadi pemitu terjadinya kerusakan hati sehingga apabila hati anda ingin sehat anda wajib menghindari makanan tersebut.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan tumor hati yang wajib dihindari oleh penderita tumor dan kanker hati. Untuk lebih jelas dan meyakinnya anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter mengingat pada sebagian penderita makanan tersebut justru tidak menimbulkan efek apa-apa ketika dikonsumsi.

Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *