Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Lambung

Bagi setiap penderita kanker lambung, inilah daftar pantangan makanan bagi penderita kanker lambung yang mesti dihindari agar penyakit kanker lambung yang diderita tidak semakin parah.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Lambung

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Lambung Yang Wajib Dihindari

Penyakit lambung yang paling berbahaya dan mematikan adalah kanker lambung yakni kondisi dimana adanya perkembangan dan pertumbuhan sel berlebih dilambung yang menyebabkan lambung rusak hingga kehilangan fungsinya.

Kondisi tersebut jelas akan sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa orang yang menderitanya karena fungsi dari lambung sendiri adalah sebagai organ pencernaan kedua yang akan mencerna makanan yang masuk kedalam lambung hingga menjadi bagian kecil yang akan mudah diserap oleh tubuh.

Jika fungsi lambung terganggu maka kebutihan nutrisi, gizi dan lain hal yang diperlukan oleh tubuh tidak akan terpenuhi akibatnya tubuh akan mengalami berbagai masalah dan mudah terserang beragam penyakit.

Sebagian besar penderita penyakit kanker lambung adalah berusia diatas 55 tahun, namun pada dasarnya kanker lambung bisa terjadi disemua lapisan usia.

Jenis kanker lambung yang paling sering terjadi adalah adenocarcinoma, yaitu kondisi ketika kanker menyerang sel-sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan seperti lendir (mukus).

Indikasi atau gejala yang umumnya muncul dan kerap dialami oleh sebagian besar penderita kanker lambung adalah berupa :

  • Kembung dan sering bersendawa
  • Perut terasa mulas atau sakit
  • Nyeri pada tulang dada
  • Cepat kenyang saat makan
  • Mual
  • Muntah
  • Sulit menelan makanan
  • Gangguan pencernaan yang sering kumat
  • Merasa lelah.

Sementara itu, jika kanker lambung sudah sampai pada tahap yang lebih parah atau stadium 4 maka gejala yang muncul adalah berupa :

  1. Muntah darah
  2. Anemia
  3. Sakit kuning
  4. Hilang nafsu makan
  5. Tinja berwarna hitam atau terdapat darah pada tinja
  6. Tubuh terasa lelah
  7. Penurunan berat badan
  8. Pembengkakan pada perut karena penumpukan cairan

Sebab utama munculnya penyakit kanker lambung belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung, yakni :

  • Merokok
  • Terlalu banyak konsumsi daging asap, garam, ikan asin dan acar
  • Keracunan jamur
  • Infeksi lambung kronis
  • Menderita anemia pernisiosa akibat kekurangan vitamin B12
  • Menderita polip lambung
  • Menderita penyakit kanker seperti kanker darah dan kanker limfoma

Diharapkan segera menemui dokter jika anda atau orang terdekat anda mulai merasakan beberapa gejala kanker lambung diatas karena itu akan lebih baik dan proses penyembuhan penyakit bisa lebih mudah dan peluang untuk bisa sembuh lebih besar.

Pengobatan yang biasa dilakukan oleh dokter dalam menangani penyakit kanker lambung sama dengan pengobatan jenis kanker lainnya yakni berupa radioterapi, kemoterapi, operasi atau kombinasi dari ketiganya utamanya jika penyakit kanker lambung yang diderita sudah parah.

Salah satu hal mesti diperhatikan dalam proses pengobatan dan penyembuhan penyakit adalah makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi ( pantangan ) malah anda konsumsi.

Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit yang diderita semakin parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Lambung

Berikut ini adalah daftar pantangan makanan bagi penderita kanker lambung yang wajib dihindari dan perlu diperhatikan agar tidak dikonsumsi, yakni :

  1. Makanan asam dan pedas seperti cuka, cabe dan merica.
  2. Makanan yang sulit dicerna lambung seperti kur tar, cokelat, keju dan makanan tinggi lemak
  3. Makanan yang dapat memicu kerusakan otot LES seperti alkohol dan gorengan
  4. Minuman yang dapat memicu asam lambung naik seperti kopi, anggur putih, sari buah sitrus dan susu.
  5. Makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi, kol, nangka, alhokol dan makanan bersoda
  6. Makanan yang tinggi kandungan serat seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  7. Makanan tinggi lemak seperti daging sapi, kambiung dll

Itulah daftar pantangan makanan bagi penderita kanker lambung yang wajib dihindari agar penyakit tidak semakin parah utamanya bagi pasien yang sedang dalam masa pengobatan dan penyembuhan makanan ini sama sekali tidak boleh dikonsumsi agar proses penyembuhan yang sedang dijalani berjalan maksimal.

Demikianlah informasi singkat tentang pantangan makanan bagi penderita kanker lambung ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *