Makanan Yang Dilarang Untuk Kanker Lidah

Makanan Yang Dilarang Untuk Kanker Lidah .- Hal yang mesti diperhatikan dalam proses pengobatan kanker lidah adalah makanan yang dikonsumsi, dimana ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi dapat menghambat penyembuhan dan bisa membuat penyakit kanker lidah menjadi parah.

Apa saja makanan tersebut ? berikut kami berikan informasi makanan yang dilarang untuk penderita kanker lidah, silahkan disimak.

Makanan Yang Dilarang Untuk Kanker Lidah

Makanan Yang Dilarang Untuk Kanker Lidah

Kanker lidah adalah tumbuhnya kanker di sel-sel lidah dan paling sering ditemukan kasusnya kanker tumbuh dan berkembang di sel-sel skuamosa yakni sel pipih seperti kulit yang melapisi permukaan lidah, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan.

Menurut lokasi berkembangnya sel kanker, penyakit kanker lidah dibagi kedalam dua jenis yakni kanker lidah oral yakni sel kanker berkembang di bagian mulut dan kanker lidah dasar yakni sel kanker berkambang di pangkal lidah dekat tenggorokan.

Penyakit kanker lidah, termasuk kedalam penyakit memiliki gejala yang sulit diidektifikasi secara kasat mata karena gejala yang muncul dapat berupa bercak putih atau luka mirip sariawan sehingga sebagian besar penderita kerap mengabaikan dan tidak menyadari dirinya terkena penyakit kanker lidah.

Akibatnya sebagian besar penderita kanker lidah baru melakukan penanganan atau menemui dokter ketika kanker sudah masuk kategori parah yang mana sulit untuk disembuhkan.

Untuk itu perlu diwaspadai dan segera temui dokter jika anda mengalami sariwan yang tak kunjung sembuh dalam beberapa minggu disertai sakit saat menelan, rasa kebas dilidah, pendarahan tanpa sebab yang jelas serta adanya perubahan suara.

Sejauh ini sebab munculnya kanker lidah belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu tumbuhnya kanker lidah.

Pemicunya adalah kurang memperhatikan dan memelihara kesehatan mulut, merokok, konsumsi alkohol berlebih, sipilis, dan HIV.

Pengobatan yang dilakukan oleh dokter dalam mengatasi penyakit kanker lidah adalah berupa operasi pengangkatan sel lidah yang terkena kanker hingga pemberian obat kemoterapi dan radioterapi.

Serangkaian pengobatan tersebut tidaklah mudah dan murah sehingga tidak semua penderita kanker lidah bisa melakukan pengobatan tersebut dan lebih memiliki pengobatan secara alami yang jauh lebih aman dan terjangkau.

( Baca : Cara Mengobati Kanker Lidah Secara Alami )

Nah, selama pasien dalam proses pengobatan dan penyembuhan maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan guna mendukung proses penyembuhan yang sedang dijalani salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi.

Jangan sampai makanan yang seharusnya tidak baik dikonsumsi justru dikonsumsi oleh penderita kanker lidah yang mana justru hal tersebut bisa memperparah keadaan.

Makanan Yang Dilarang Untuk Kanker Lidah

Ada beberapa makanan yang dilarang untuk kanker lidah dan jika dikonsumsi akan menghambar proses penyembuhan serta menyebabkan penyakit semakin parah.

Berikut adalah beberapa makanan tersebut, yakni :

  • Tauge. Tauge diketahui memiliki zat yang dapat memicu dan mendorong pertumbuhan sel kanker semakin cepat sehingga sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita kanker lidah.
  • Sawi putih dan kangkung. Ketika makanan ini dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani pengobatan maka dapat mengurangi efektifitas kinerja obat yang dikosumsi.
  • Cabai. Konsumsi cabai dapat merangsang aktifitas bawah sadar kita sehingga bisa menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh. Dan kondisi tersebut bisa menjadi celah bagi sel kanker untuk berkembang kembali karena berkurangnya jumlah oksigen dalam tubuh dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  • Buah lengkeng dan nangka. Kedua buah ini diketahui memiliki kandungan alami yang dapat mendorong pertumbuhan sel kanker sehingga jika dikonsumsi bisa memicu dan merangsang sel kanker untuk lebih berkembang lagi.
  • Daging sapi, kebau dan kambing. Dalam daging tersebut terkandung lemak yang bisa memfasilitasi sel kanker untuk berkembang lebih jauh, sehingga makanan ini sebaiknya dihindari oleh penderita kanker lidah.
  • Daging unggas. saat ini sebagian besar unggus diberikan obat-obatan kimia agar cepat berkembang dan tumbuh dengan cara menyuntuikan hormon. Suntikan hormon yang diberikan pada ternak mirip dengan hormon anabolic pada manusia, hormon ini diperkirakan bisa memicu tumbuhnya sel kanker.
  • Makanan laut. Jenis makanan ini terbukti memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat memicu atau merangsang perumbuhan sel kanker sehingga sebaiknya makanan ini tidak dikonsumsi oleh penderita kanker lidah.
  • Makanan yang diawetkan. Makanan berbahan pengawet jelas mengandung bahan kimia yang dapat berubah menjadi karsinogenaktif yakni zat yang dapat merangsang dan memicu tumbuhnya sel kanker dan tumor.
  • Makanan yang dibakar. Makanan ini mengandung zat karsinogen yakni zat pemicu tumbuhya sel kanker yang berasal dari dibagian yang gosong atau hangus.

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk kanker lidah yang sebaiknya dihindari oleh setiap pasien penderita kanker lidah agar proses pengobatan yang sedang dijalani berjalan maksimal serta penyakit kanker lidah tidak semkin parah karena sel kanker tidak diberikan ruang untuk lebih jauh tumbuh dan berkembang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda dan menambah wawasan anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *