Makanan Penyebab Kanker Usus

Berikut ini adalah daftar makanan penyebab kanker usus yang sering dikonsumsi sehari-hari, dan sebaiknya mulai saat ini kita kurangi dan wajib dihindari oleh penderita gejala kanker usus.

Makanan Penyebab Kanker Usus

Makanan Penyebab Kanker Usus Yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari

Kanker usus adalah kondisi dimana adanya perkembangan sel yang tak terkendali di usus besar yakni bagian terakhir dari sistem pencernaan kita.

Penyakit kanker usus tergolong penyakit yang setiap tahun mengalami peningkaatan, sehingga patut kita waspadai bersama.

Data yang dikeluarkan oleh American Cancer Society menyebutkan bahwa ditahun 2017 ada sekitar 50.000 lebih orang yang menderita penyakit kanker usus, dan diprediksi ditahun 2018 bisa mencapai angka 90.000 orang.

Sebagian besar penderitanya adalah pria dengan usia diatas 50 tahun, bahkan kanker usus menempati urutan ketiga setelah kanker prostat dan paru paru sebagai penyakit kanker yang sering dialami pria.

Kebanyakan kanker usus bermula dari pertumbuhan sel yang tak ganas atau adenoma sehingga jarang menimbulkan gejala pada saat adenoma muncul di usus.

Ketika adenoma dalam usus mulai berkembang cepat yakni berubah menjadi sel kanker maka barulah gejala akan muncul dan mulai dirasakan oleh penderitanya sebagai akibat dari sel kanker mulai mengerogoti usus.

Jika kondisi tersebut sudah terjadi maka upaya pengobatanpun akan menjadi lebih sulit, padahal jika kanker usus dapat dideteksi secara dini maka pengobatan jauh akan lebih mudah disembuhkan.

Jadi deteksi dini merupakan langkah paling tepat dan penting bagi setiap orang yakni dengan cara melakukan skrining.

Jika hasil skrining menemukan polip prakanker yakni pertumbuhan abnormal pada usus besar atau rektum maka akan langsung dibuang sebelum berubah menjadi sel kanker.

Sebab dari munculnya kanker usus belum diketahui secara pasti akan tetapi ada beberapa hal yang diduga dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus seperti :

  • Diet yang salah
  • Obesitas
  • Pernah terkena kanker usus
  • Memiliki anggota keluarga menderita kanker usus
  • Pernah memiliki polip di usus
  • Jarang berolahraga
  • Sering terpapar bahan pengawet
  • Merokok

Selian beberapa hal tersebut, gaya hidup yang tidak sehat yakni sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga diyakini bisa meningkatkan resiko terkena kanker usus.

Makanan Penyebab Kanker Usus

Dikutip dari thealternativedaily.com makanan penyebab kanker usus adalah sebagai berikut :

1.) Daging Merah

Makanan penyebab kanker usus yang pertama adalah daging merah utamanya daging merah yang diolah dengan cara dibakar seperti sate adalah jenis makanan yang paling beresiko menyebabkan kanker usus.

Hal tersebut karena daging merah yang dibakar mengadung zat kimia berbahaya seperti Heterosiklik amina (HCA) dan Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH).

Jika zat tersebut terlalu banyak dalam tubuh maka bisa merusak susunan DNA dan memicu sel kanker.

2.) Minuman Bersoda

Minuman bersodak merupakan minuman yang kaya akan kandungan gula fruktosa yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu terjadinya kerusakan hormon insulin.

Jika hormon insulin sudah rusak maka dapat memicu tumbuhnya berbagai jenis kanker seperti kanker hati, usus dan pankreas.

3.) Makanan Kaleng

Makanan kaleng memang sangat praktis dan bisa bertahan dalam beberapa bulan, namun perlu anda ketahui bahwa makanan tersebut mengandung bahan kimia pengawet yang cukup tinggi, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan risiko trekena kanker usus.

4.) Makanan Instan

Makanan instan juga dipercayai dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus, hal tersebut karena makanan serba instan memiliki kandungan gula dan bahan pengawet tinggi.

Tidak hanya itu, makanan instan juga umumnya mengandung kalori sangat besar yang jika terlalu sering dikonsumsi bisa menyebakan obesitas akut yang mana jika tubuh sudah mengalami obesitas akan mudah terkena berbagai penyakit.

Selain ke empat jenis makanan tersebut ada beberapa makanan lain yang bisa menyebabkan kanker usus yakni : kentang goreng, makanan yang diasinkan dan diasapkan, keripik kentang, ham, kalkun, soso dan hotdog.

Jika saat ini anda sering mengkonsumsi beberapa makanan tersebut maka sebaiknya mulai saat ini anda mengurangi atau mengindarinya agar terhindar dari penyakit kanker usus, mengingat kanker usus sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian dan tidak memiliki gejala awal sehingg mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikianlah informasi tentang makanan penyebab kanker usus ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel kami bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *