Makanan Penghancur Kanker Kulit

Bagi penderita kanker kulit berikut ini adalah makanan penghancur kanker kulit yang sebaiknya dikonsumsi guna membantu proses pengobatan yang tengah dijalani.

Makanan Penghancur Kanker Kulit

Kanker kulit adalah kondisi dimana terjadi perubahan sel yang tak terkendali pada lapian luar kulit. Sebagian besar kanker kulit terjadi pada daerah wajah dan cenderung dialami oleh seseoran yang sering terpapar cahaya matahari langsung.

Kanker kulit terbagi kedalam dua jenis yakni kanker kulit melanoma dan non-melanoma. Kanker kulit melanoma diawali dari jaringan berpigmen seperti tahi lalat atau tanda lahir serta pigmentasi kulit.

Kanker kulit melanoma terbukti lebih agresif sehingga bisa mengancam jiwa orang yang mengalami ketika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Sebab munculnya kanker kulit belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko atau memicu tumbuhnya kanker kulit yakni :

  • Sinar Ultraviolet B yang sebagian besar dipancarkan oleh sinar matahari
  • Zat kimia, seperti arsenik, radium, tar, nikotin, arsen, hidrokarbon aromatik, dan lain-lain
  • Radiasi Ionisasi (sinar radioaktif), termasuk sinar rontgen
  • Beberapa jenis virus.

Indikasi atau gejala seseorang terkena penyakit kanker kulit ialah akan mengalami kondisi sebagai berikut :

  1. Perubahan kulit, terutama dalam ukuran atau warna misalnya pada tahi lalat atau pertumbuhan berpigmen gelap lainnya.
  2. Kulit mengelupas, berdarah, atau perubahan penampilan dari benjolan apapun pada kulit.
  3. Tahi lalat dengan pigmentasi (warna) yang tidak biasanya
  4. Kulit terasa sangat gatal, nyeri atau sakit.

Dianjurkan untuk segera menemui dokter atau pusat kesehatan terdekat ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius. Dengan  begitu maka penyakit kanker kulit akan lebih mudah disembuhkan.

Secara umum penanganan yang dilakukan oleh dokter akan bervariasi tergantung dari tingkat keparahan penyakit kanker kulit yang diderita.

Berikut ini adalah gambaran penanganan yang biasanya dilakukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan penyakit kanker kulit, yakni :

  • Stadium 1 dan 2 dapat diobati dengan pembedahan guna menghilangkan jaringan kanker.
  • Stadium 3, pengobatan dengan cara operasi pembedahan eksisi pada jaringan kanker guna mencegah kanker menyebar lebih luas lagi
  • Stadium 4, pasien akan diberikan obat kemoterapi atau menjalani radioterapi guna memusnahkan sel kanker.

Selain melakukan pengobatan secara medis, penderita kanker kulit juga bisa melakukan pengobatan alternatif dimana cara ini jauh lebih mudah dan aman karena tidak akan menimbulkan efek samping sehingga saat ini banyak orang yang lebih memilih pengobatan model ini.

( Baca : Cara Mengobati Kanker Kulit Secara Alami )

Nah, bagi anda yang saat ini tengah menjalani proses pengobatan kanker kulit maka hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan guna membantu mempercepat proses penyembuhan adalah memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Dimana penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menghancurkan sel kanker kulit.

Berikut ini adalah beberapa makanan penghancur kanker kulit yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin oleh penderita kanker kulit, yakni :

Kunyit

Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kunyit juga ternyata memiliki manfaat baik untuk mencegah kanker kulit sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita kanker kulit. Hal tersebut karena kunyit adalah sumber utama kurkumin yakni senyawa aktif polifenol yang dapat melawan perkembangan kanker kulit.

Tidak hanya itu, kurkumin pada kunyit juga bagus untuk mengurangi peradangan pada kulit serta dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat kanker.

Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang mengandung lycopene tinggi.Fungsi lycopene dalam tubuh adalah mampu mencegah dan mengatasi penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker kulit. Tidak hanya itu lycopene juga dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

Bahkan penelitian mengungkap bahwa partisipan yang makan tomat selama 10 minggu memiliki risiko terbakar matahari 40 persen lebih rendah.

Teh Hijau

Teh hijau diketahui mengandung polifenol yang dapat memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV matahari yang bisa merusak kulit. Lebih dari itu teh hijau juga diketaui mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah kerusakan DNA serta memperbaiki DNA yang sudah rusak dalam tubuh.

Ikan Salmon

Dibalik rasanya yang lezat,ikan salmon terbukti memiliki manfaat mampu menangkal peradangan dan mengatasi efek buruk cahaya matahari pada kulit serta dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Terong Ungu

Selanjutnya makanan penghancur kanker kulit adalah terong ungu. Terong ungu terbukti mengandung senyawa solasodine glycoside atau BEC5 yang membantu pengobatan kanker kulit. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa ekstra terong ungu secara efektif mampu membunuh sel kanker karsinoma, squamosa, dan keratosis.

Anggur Dan Bijinya

Salah satu obat kanker kulit alami adalah anggur. Buah anggur terbukti memiliki kandungan antioksidan tinggi utamanya pada bijinya. Bagi penderita kanker kulit konsumsi rutin jus anggur setiap 2 kali sehari akan mempercepat penyembuhan kanker atau mencegah berkembangnya kanker di tubuh.

Itulah beberapa makanan penghancur kanker kulit yang sebaiknya dikonsumsi guna membantu proses penyembuhan yang tengah dijalani sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *