Gejala Kanker Hati Stadium Awal

Kanker hati adalah penyakit mematikan karena bisa menyebabkan kematian, untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mencari tahu tentang gejala kanker hati stadium awal dengan kita mampu mendeteksi gejala awal maka hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari serta pengobatan kanker hati yang dijalankan akan lebih mudah, dengan begitu maka peluang untuk sembuh lebih besar.

Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati Stadium Awal

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peranan penting karena fungsinya yang kompleks atau dengan kata lain memiliki banyak fungsi yakni mencapai 500 fungi sehingga ketiga organ tersebut mengalami gangguan maka otomatis dapat mengurangi dan menurunkan fungsi hati sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai keluhan penyakit.

Beberapa fungsi dari organ hati diantaranya sebagai berikut, yakni : menetralisir dan mengeluarkan racun dalam tubuh, mencerna protein dan lemak, memproduksi cairan empedu guna menghancurkan lemak yang membantu pencernaan, mengontrol penggumpalan darah dan masih banyak lagi.

Salah satu gangguan hati yang bisa menurukan fungsinya bahkan dalam kasus yang lebih parah bisa menyebakan hati tidak berfungsi sama sekali adalah hepatitis b dan kanker hati.

Kanker hati adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan dan perkembang sel yang tak terkendali pada hati. Berdasarkan lokas pertumbuhan dan penyebarannya kanker hati terbagi kedalam 2 klasifikasi yakni kanker hati primer dan kanker hati sekunder.

Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Kanker hati sekunder bermula dari bagian tubuh lain kemudian menyebar dan tumbuh di organ hati.

Dari kedua jenis tersebut, kanker hati primer adalah jenis kanker yang paling sering ditemukan kasusnya kanker ini bisa merupakan komplikasi penyakit hepatitis dan sirosis hati.

Hingga saat ini penyebab pasti akan munculnya kanker hati, belum diketahui secara pasti namun ada faktor yang bisa memicu dan meningkatkan resiko kanker hati yakni terjadinya kerusakan jaringan sel-sel hati akibat penyakit hepatitis B atau hepatiti C yang berkembang menjadi penyakit sirosis hati.

Selain itu kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan terus menerus juga bisa menyebabkan kanker hati, tidak hanya itu kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya kanker hati karena berkaitan erat dengan penyakit perlemakan hati non alkoholik (Non Alcoholic Fatty Liver Disease = NAFLD).

Mengingat kanker hati adalah penyakit mematikan dan perlu mendapatkan penanganan yang intensif maka sangat penting bagi kita untuk mengenal gejala kanker hati stadium awal, dimana pada stadium ini penyakit kanker hati belum terlalu parah sehingga pengobatan yang dilakukan bisa lebih efektif.

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker hati stadium awal yang umumnya terjadi dan perlu kita waspadai, yakni :

– Merasakan Kelelahan

Tanda atau gejala kanker hati stadim awal adalah merasa kelelahan padahal tidak melakukan aktivitas berat yang disertai rasa sesak dan nyeri pada bagian ulu hati sehingga enggan melakukan aktivitas.

Badan juga akan terasa mudah capek dari biasanya sambil sesekali pandangan berkunang-kunang, pada kondisi tersebut kanker mulai tumbuh.

-Berat Badan Turun Drastis

Orang yang terkena kanker hati dan gangguan hati lainnya juga biasanya mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal tersebut muncul karena terganggunya sistem metabolisme tubuh yang menyebabkan nafsu makan berkurang.

Berkurangnya nafsu makan kerena asam lambung naik sebagai akibat dari hati mulai mengalami kerusakan. Tidak hanya nafsu makan yang berkurang penderita juga biasanya mengalami mual muntah.

-Penyakit Kuning

Gejala kanker hati dan penyakit hati lainnya yang khusus adalah penderita mengalami perubahan pada bola maya, kuku dan kulit menjadi kekuning-kuningan atau yang dalam istilah awam disebut dengan penyakit kuning.

Hal tersebut muncul akibat dari menurunnya fungsi hati dalam menetralisir racun sehingga racun yang seharusnya dibuang akan terakumulasi dan bersarang didalam tubuh.

-Perubahan Warna Faeses Dan Urine

Selain menyebabkan perubahan pada bola mata, kuku dan kulit, gangguan fungsi hati juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan kotoran dan air seni sehingga tidak biasanya.

Kondisi tersebut muncul karena penyerapan nutrisi pada proses metabolisme kurang optimal, sehingga zat tersebut tidak terserap sempurna.

-Bengkak Kaki dan Tangan

Orang yang terserang penyakit kanker hati juga bisa mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan tanpa sebab yang jelas, kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

-Nyeri Perut

Orang yang terkena penyakit kanker hati juga bisa mengalami nyeri perut yang tak biasa, kondisi tersebut menunjukan bahwa sel kanker semakin menyebar. Nyeri perut yang terjadi juga bisa disertai rasa penuh pada perut dan mengurangi rasa lapar.

Itulah beberapa kondisi yang patut diwaspadai sebagai gejala kanker hati, sehingga apabila saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala tersebut anda sebaiknya segera memeriksakan diri kepada dokter.

Namun gejala tersebut tidak mesti menunjukan gejala kanker hati, mengingat ada beberapa kondisi medis lain yang memiliki gejala yang hampir sama salah satunya adalah penyakit liver kronis.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala kanker hati stadium awal ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :

Cara Mengobati Kanker Hati Secara Tradisional

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *