Ciri Ciri Tumor Payudara Jinak

Walaupun bersifat jinak ada kalanya tumor payudara jinak perlu mendapatkan penanganan yang serius sehingga hal buruk atau bahaya akibat penyakit tersebut bisa dihindari dan berikut adalah ciri ciri tumor payudara jinak yang mesti diobati jikan dialami.

Ciri Ciri Tumor Payudara Jinak

Ciri Ciri Tumor Payudara Jinak

Tumor payudara adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan dan perkembangan sel yang tak terkendai di jaringan payudara.

Adanya tumor di payudara tanpa penanganan dan pengobatan yang tepat bisa berlanjut menjadi kanker payudara yang berbahaya karena mematikan. Akan tetapi tidak setiap tumor di payudara bersifat berbahaya mengingat ada juga tumor di payudara yang tergolong jinak.

Secara umum tumor jinak payudara tumbuh disaluran susu, tumor ini terbentuk dari jaringan fibrosa, pembuluh darah, serta bagian kelenjar. Tumor ini lebih sering dialami oleh wanit berusia antara 15-35 tahun.

Dalam dunia medis tumor payudara jinak disebut sebagai Fibroadenomamammae ( FAM ).

Secara umum tumor payudara jinak ( FAM ) tidak terlalu berbahaya sehingga tidak perlu dilakukan tindakan apapun utamanya jika tumor masih kecil bahkan tumor bisa hilang dengan sendirinya.

Barulah tumor payudara jinak perlu mendapatkan penanganan dan perawat yang serius dan tepat jika sudah menimbulkan gejala atau keluhan.

Ciri Ciri Tumor Payudara Jinak Yang Perlu Segera Diatasi

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri tumor payudara jinak yang perlu diwaspadi karena perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang tepat jika seorang wanita mengalaminya, yakni :

– Timbulnya Benjolan Di Payudara

Salah satu indikasi atau gejala khas dari munculnya tumor payudara adalah munculnya benjolan di payudara dengan karakteristik benjolan pada, bulat, kenyal dan bisa bergeser saat diraba serta jarang disertai nyeri.

Selain karena adanya tumor, timbulnya benjolan di payudara juga bisa disebabkan oleh kista payudara hingga kanker payudara utamanya jika benjolan muncul dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Terdapat benjolan atau penebalan pada payudara atau di dekat payudara seperti di ketiak yang tetap terasa setelah masa haid selesai. Benjolan tidak bisa bergeser ke kanan kiri ketika disentuh.
  • Terdapat area yang jelas terasa atau terlihat berbeda pada salah satu atau kedua bagian payudara.
  • Terjadi perubahan pada bentuk, ukuran, dan kontur payudara.
  • Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada puting, seperti kemerahan, cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik.
  • Keluar cairan bening atau berdarah dari payudara.
  • Payudara atau ketiak terasa nyeri terus menerus.

Segera periksakan diri anda kepada dokter jika mengalami beberapa tanda atau gejala diatas, mengingat kondisi tersebut  adalah ciri atau tanda penyakit serius.

– Rasa Gatal

Jika anda merasakan gatal disekitar payudara makan anda patut waspada dan segera melakukan pemeriksaan. Hal tersebut bisa jadi jaringan sedang bereaksi karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal.

– Nyeri Saat Ditekan

Selanjutnya ciri ciri tumor payudara jinak adalah nyeri saat ditekan pada beberapa bagian tertentu di sekitar tumbuhnya tumor seperti bagian put1ng, sekitar put1ng hingga menuju ketiak,

– PMS

Gejala PMS umumnya dialami oleh wanita dalam masa-masa datang bulan, namun jika anda merasa lebih senstif padah sedang tidak haid dan menemukan suatu benjolan di payudar4 maka bisa jadi itu tanda tumor payudar4.

– Sakit Pinggang

Selain ketiak, bagian yang akan terasa nyeri jika tumor tumbuh di payudara adalah pinggang.

Hal tersebut karena dibagian pinggang tersimpan banyak jaringan tubuh yang kemungkinan tidak berkembang dengan baik jika sel tumor tumbuh di tubuh seseorang.

– Nyeri Tulang Punggung

Jika terjadinya penyakit yang cukup serius maka tulang punggung adalah salah satu area yang akan merasakan nyeri luar biasa termasuk adanya pertumbuhan tumor yang jinak.

Di bagian tulang punggung penderita bisa merasakan nyeri disertai rasa kaku pada bagian tengah.

– Menurunnya Nafsu Makan

Ciri penyakit yang paling umum terjadi adalah hilangnya nafsu makan, dengan kondisi demikian maka dipastikan berat badan berangsur menurun dan penyerapan nutrisi untuk metabolisme tubuh akan terganggu.

– Nyeri Dibagian Tertentu

Tumbuhnya tumor di payudara juga bisa menimbulkan nyeri dibagian tertentu seperti lengan, ketiak, bawah payudara, hingga tulang belakang sepertinya akan menjadi area yang rentan dengan rasa nyeri.

Timbulnya nyeri tersebut sebagai akibat dari proses pertumbuhan sel tumor yang harus diwaspadai meskipun secara fisik belum muncul benjolan yang bisa dilihat secara nyata.

– Cairan Di Puting

Selanjutnya ciri ciri tumor payudara jinak adalah keluarnya cairan di puting tanpa sebab yang jelas.

– Payudara Tenggelam

Jika tumor sudah lumayan besar dan berkembang lebih jauh maka bisa menyebabkan payudara teras tegang serta bagian puting menekan ke dalam.

– Perubahan Kulit

Selain tenggelamnya put1ng payudara, kulit disekitar payudara juga dapat berubaha jika tumor sudah masuk dalam kategori berbahaya. Perubahan yang terjadi ialah kulit payudara mengkerut seperti kulit jeruk.

Nah itulah beberapa ciri ciri tumor payudara jinak yang perlu diwaspadai dan segera diatasi jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami atau mengeluhkan beberapa gejala tersebut.

Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit tumor payudara bisa dihindari, salah satu bagaimana cara mengobati tumor payudara yang bisa anda pilih dan lakukan sendiri dirumah adalah dengan rutin konsumsi obat herbal tumor payudara.

Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *