Ciri Ciri Tumor Ganas Payudara

Mengenali ciri ciri tumor ganas payudara sejak dini adalah kunci untuk bisa terhindari dari bahaya penyakit tersebut karena dengan begitu penyakit akan lebih mudah disembuhkan.

Ciri Ciri Tumor Ganas Payudara

Tumor ganas payudara ( kanker payudara ) adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan sel tertentu di payudara yang berkembang dan tumbuh secara abnormal dan tidak dapat terkontrol.

Seiring berjalannya waktu sel tersebut kemudian akan menyerang jaringan payudara yang sehat didekatnya dan pada akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

Ketika kondisi tersebut terjadi maka seseorang yang terkena penyakit tumor ganas payudara akan terancam jiwanya hingga menyebabkan kematian.

Saat ini tumor ganas payudara menjadi salah satu penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita di seluruh dunia. Pada tahun 2015 badan kesehatan dunia mencatat ada sekitar 507.000 wanita meninggal dunia akibat tumor ganas payudara.

Meskipu begitu, sebenarnya jika ciri ciri tumor ganas payudara dapat dikenali sejak dini maka penyakit ini dapat disembuhkan, untuk itu sangat penting bagi setiap orang utamanya wanita untuk mengetahui dan mencari tahu gejala awal tumor payudara ganas.

Hingga saat ini sebab pasti akan munculnya tumor ganas di payudara belum diketahui secara pasti. Akan tetapi para ahli kesehatan meyakini ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab seseorang beresiko terkena penyakit tumor ganas di payudara ini, yakni : riwayat medis keluarga, genetik, etnis tertentu dan gaya hidup yang tidak sehat.

Contoh gaya hidup yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena tumor ganas payudara adalah kelebihan berat badan, sering konsumsi alkohol, baru melahirkan di usia 35 tahun, mengkonsumsi pil KB hingga pernah melakukan terapi hormon.

Diawal pertumbuhan dan perkembangan sel, kanker payudara tidak menimbulkan gejala sehingga hampir sebagian penderita tumor ganas payudara tidak menyadari dirinya terkena penyakit mematikan tersebut.

Ciri ciri tumor ganas payudara baru muncul ketika kanker payudara masuk stadium satu dimana pada stadium ini sel tumor ganas mulai membesar dan menyerang bagian payudara yang berada di sekitarnya.

Ciri atau gejala tumor ganas payudara yang biasanya muncul dan mudah dikenali adalah munculnya benjolan di payudara. Namun tidak setiap timbulnya benjolan di payudara adalah kanker, mengingat ada beberapa kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah karakteristik benjolan yang muncul, dimana benjolan karena tumor ganas memiliki karakteristik benjolan berupa : tekstur benjolan keras, tida berbatas, memiliki permukaan yang tidak rata atau bergerigi serta benjolan terus menetap 8 hingga 10 hari usai menstruasi.

Selain, timbulnya benjolan di payudara penderita juga bisa mengalami beberapa gejala lain yang menyertai, yakni berupa :

  • Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
  • Perubahan bentuk pada puting payudara.
  • Rasa sakit pada payudara yang tak kunjung hilang, bahkan ketika Anda sudah masuk ke masa haid bulan berikutnya. Meski begitu, beberapa wanita juga ada yang tidak mengalami rasa sakit atau nyeri di payudaranya.
  • Puting mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning.
  • Puting tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.
  • Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  • Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.
  • Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Waspadai dan segera temui dokter guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat ketika beberapa gejala tersebut mulai anda alami atau temukan. Dengan begitu maka hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari karena bisa dengan mudah disembuhkan.

Tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter dalam mengatasi gejala tumor ganas payudara adalah meliputi : bedah operasi, radioterapi, kemoterapi, terapi hormon hingga terapi target.

Namun ketika hal tersebut tak mampu atau tak sanggup dilakukan maka pengobatan secara alternatif yakni dengan konsumsi obat tradisional bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik. Salah satunya bisa mengkonsumsi obat herbal tumor payudara zedoril.

Gejala atau ciri ciri tumor payudara ganas juga bisa dideteksi dengan melakukan pemeriksaan mammografi secara rutin utamanya bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker payudara maka hal ini wajib dilakukan.

Mammografi adalah teknik pemindaian gambar menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri tumor ganas payudara ini semoga apa yang telah kami sampaikan dapat dipahami dan bisa menambah wawasan anda serta menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *