Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal

Saat ini kanker lambung menjadi salah satu jenis kanker yang angka kematianya terus bertambah karena hampir sebagian besar penderita tidak mengenali tanda atau ciri ciri kanker lambung terlebih kanker lambung memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit maag.

Padahal jika kanker lambung bisa dideteksi sedini mungkin maka persentase kesembuhan penyakit bisa lebih tinggi atau dengan kata lain penyakit kanker lambung bisa lebih mudah disembukan, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui dan mencari tahu tentang ciri ciri kanker lambung stadium awal.

Ciri Ciri Kanker Lambung

Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal

Kanker lambung ( Gastric Cancer ) adalah kondisi dimana adanya perkembang sel abnormal didalam lambung tepatnya pada lapisan dalam lambung yang memproduksi lendir ( mukus ).

Penyakit ini bisa menyerang atau diidap oleh setiap orang dengan segala usia, akan tetapi sebagian besar kasusnya ditemukan pada seseorang yang memiliki usia diatas 55 tahun.

Seperti jenis kanker lainnya, kanker lambung juga berbahaya dan bisa menyebabkan orang yang mengalaminya merasakan sakit yang menyiksan hingga meregang nyawa.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa sangat penting bagi kita untuk bisa mendeteksi penyakit kanker lambung yakni dengan cara mengenali tanda atau ciri ciri kanker lambung.

Hingga saat ini penyebab pasti akan timbulnya penyakit lambung belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker lambung, yaitu :

  • Merokok
  • Sering konsumsi daging asap, garam, ikan asin, acar serta makanan yang mengandung aflatoksin (racun dari jamur)
  • Menderita penyakit lambung seperti tukak lambung dan maag yang sudah parah
  • Menderita penyakit infeksi lambung yang sudah lama
  • Menderita anemia pernusiosa akibat kekurangan vitamin B12
  • Menderita polip lambung
  • Pernah menjalani operasi lambung
  • Menderita kanker lain yang menyerbar hingga lambung

Berdasarkan tahapan perkembangnya, kanker lambung terbagi kedalam 4 jenis, yakni :

  • Stadium 1. Kanker berada pada jaringan di dalam lambung dan menyebar ke kelenjar getah bening sekitarnya.
  • Stadium 2. Kanker tumbuh dalam lapisan otot dinding lambung dan menyebar semakin banyak ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 3. Seluruh lapisan lambung sudah digerogoti kanker atau banyak pertumbuhan kanker kecil yang menyebar luas ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 4. Penyebaran kanker lambung pada tahap ini sudah semakin parah dan mencapai organ tubuh yang jauh.

Ketika kanker lambung yang diderita sudah sampai pada stadium 4 maka kecil kemungkinan untuk bisa disembuhkan, untuk itu sangat penting bagi kita semua untuk segera melakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika terindikasi menderita atau mengalami gejala atau ciri ciri kanker lambung stadium awal.

Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal

Diawal kemunculannya kanker lambung memiliki gejala yang cukup sulit dibedakan dengan penyakit lambung biasa seperti maag dan asam lambung naik. Untuk itu kita harus waspada dan jeli dalam membedakan mana penyakit lambung biasa dan mana penyakit kanker lambung.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri ciri kanker lambung stadium awal yang harus diwaspadai, yakni :

  1. Kembung dan sering bersendawa
  2. Perut terasa mulas atau sakit
  3. Nyeri pada tulang dada
  4. Nyeri ulu hati
  5. Cepat kenyang saat makan
  6. Mual
  7. Muntah
  8. Sulit menelan makanan
  9. Gangguan pencernaan yang sering kumat
  10. Merasa lelah

Sementara itu jika penyakit kanker lambung sudah parah atau sudah masuk stadium 4 makan gejala yang muncul berbeda, yakni berupa :

  • Muntah darah
  • Anemia
  • Sakit kuning
  • Hilang nafsu makan
  • Tinja berwarna hitam atau terdapat darah pada tinja
  • Tubuh terasa lelah
  • Penurunan berat badan
  • Pembengkakan pada perut karena penumpukan cairan

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat jika beberapa indikasi atau gejala kanker lambung diatas anda atau orang terdekat anda rasakan, dengan begitu maka hal buruk yang bisa terjadi akibat kanker lambung bisa dihindari.

Kesimpulan

Ketika kanker lambung dapat terdeteksi lebih awal maka akan lebih mudah diobati dan disembuhkan sehingga penting bagi kita untuk mengetahui ciri ciri kanker lambung stadium awal. Selain itu kita juga harus lebih peka terhadap kondisi tubuh yang beberikan sinyal ketika fungsi dari organ didalam tubuh kita terganggu.

Ketika kita tidak peka terhadap signal yang diberikan oleh tubuh, justru bisa mendorong kita mengalami hal-hal terburuk yang dapat mengancam jiwa. Jadi jangan pernah anggap sepele gejala atau keluhan yang dirasakan oleh tubuh, karena jika dibiarkan akan mengancam nyawa kita layaknya bom waktu.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri kanker lambung stadium awal ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *