Benjolan Di Leher Kiri Sakit Bila Ditekan

Ketika anda merasakan adanya benjolan di leher dan terasa sakit bila ditekan maka inilah beberapa sebab atau penyebabnya, silah disimak !

benjolan di leher

Sebab Benjolan Di Leher Sakit Bila Ditekan

Sebagian besar orang akan berpendapat bahwa timbulnya benjolan di leher karena penyakit gondok. Namun tahukah anda bahwa timbulnya benjolan di sekitar leher juga bisa menjadi indikasi atau gejala penyakit serius seperti tumor dan kanker.

Untuk itu mari kita kenali apa saja penyebab dari timbulnya benjolan dileher dan gejala yang timbul. Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Ada banyak kondisi medis yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di sekitar leher baik itu benjolan di leher kanan, kiri hingga benjolan di belakang leher. Dan berikut adalah beberapa penyebabnya, yakni :

Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang memiliki fungsi sebagai penghasil hormon tiroid yang berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Ketika kelanjar ini bermasalah maka proses metabolisme dalam tubuh dapat terganggu.

Indikasi atau gejala yang paling mudah dikenali ketika kelenjar tiroid mengalami gangguan adalah munculnya benjolan di sekitar leher tepatnya di leher bagian depan bawah. Kondisi ini lebih sering disebut dengan penyakit gondok oleh masyarakat awam.

Selain menimbulkan benjolan di leher, gangguan pada kelenjar tiroid juga bisa menyebabkan orang yang mengalaminya sesak nafas, suara menjadi parau hingga sulit menelan sebagai akibat dari tertekannya saraf di bagian leher.

Salah satu gangguan kelenjar tiroid yang paling sering tejadi dalah hipertiroid ( kelebihan hormon tiroid ) dan hipotiroid ( kekurang hormon tiroid ). Dari kedua jenis tersebut hipertiorid merupakan gangguan tiroid yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan di leher.

Selain itu, penderita hipertiroid juga bisa mengalami beberapa gejala lain yang menyertainya seperti :

  • Penurunan berat badan
  • Tidak tahan panas
  • Perasaan cemas
  • Sering merasa deg-degan
  • Tremor (getaran anggota tubuh tanpa disadari, biasanya paling jelas terlihat pada tangan)
  • Hiperaktif

Limpoma

Limpoma adalah benjolan yang terbentuk dari kulit yang menebal dibawah atau diatas jaringan kulit. Benjolan ini bersifat jinak sehingga tidak berbahaya. Namun pada segelintir kasus benjolan ini dapat pula berkembang ganas sehingga membahayakan.

Pembesaran Kelenjar Ludah

Selain kelenjar tiroid, di leher juga terdapat kelenjar parotis yakni sebuah kelenjar yang dapat memproduksi air liur yang dibutuhkan dalam proses mencernaan makanan.

Ketika kelenjar ini membengkak maka bisa menimbulkan benjolan di sekitar leher. Umumnya pembengkak terjadi disebabkan oleh berbagai alasan seperti karena infeksi dan tumor.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Selanjutnya di leher juga terdapat kelenjar getah bening yang ketika mengalami pembengkakan akan menimbulkan benjolan di leher.

Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi ketika kelenjar tersebut banyak memproduksi sel imuns. Kondisi ini terjadi ketika didalam tubuh terdeteksi adanya infeksi akibat bakteri, viru, jamur, tumor hingga kanker.

Selain pada leher, kelenjar getah bening juga banyak terdapat pada bagian tubuh lainnya seperti : ketiak, dagu, belakang telinga, pangkal paha dan bagian belakang telinga.

Secara umum, benjolan di leher yang mengindikasikan pembengkakan kelenjar getah bening adalah akan terasa sakit saat disentuh yang diikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti :

  • Demam
  • Berat badan turun
  • Nafsu makan hilang
  • Berkeringat ketika malam hari
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan

Kanker

Selain disebabkan oleh beberapa kondisi diatas, timbulnya benjolan di sekitar leher juga bisa disebabkan oleh adanya perkembangan dan pertumbuhan sel kanker. Kondisi ini yang perlu diwaspadai karena akan sangat berbahaya ketika tidak diatasi dengan segera.

Beberapa jenis kanker yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan dileher adalah kanker darah, kanker payudara, kanker paru paru dan kanker kelenjar getah bening.

Indikasi atau gejala benjolan di leher karena kanker yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut :

  • Tidak kunjung mengecil hingga lebih dari sebulan.
  • Terlihat terus.
  • Terasa mengeras atau tidak bergerak ketika disentuh.
  • Diiringi oleh demam, sesak napas, nyeri dan sulit menelan, penurunan berat badan, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur, atau perubahan kulit di sekitar benjolan.

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan sehingga hal buruk yang mungkin terjadi bisa dihindari. Selain itu anda juga bisa melakukan penanganan sendiri dirumah ketika anda merasa takut harus menemui dokter yakni dengan konsumsi obat herbal zedoril.

Demikianlah informasi tentang penyebab benjolan di leher kiri sakit bila ditekan ini semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *