Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Kanker prostat adalah penyakit yang harus diwaspadai oleh semua pria termasuk yang muda, maka dari itu penting bagi anda mengetahui gejala kanker prostat termasuk penyebab kanker prostat pada usia muda. Dan berikut ini kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi pada pria yag sudah berumur adalah kanker prostat yakni kanker yang menyerang dan tumbuh pada kelanjar prostat.

Namun, kanker prostat juga bisa terjadi pada pria muda untuk itu diharapkan semua pria dengan berbagai latar usia untuk senantiasa mewaspadai penyakit kanker prostat ini yakni dengan cara mengetahui dan mencari tahu seputar penyakit ini yakni gejala kanker prosatat dan penyebab kanker prostat, karena itu merupakan cara pencegahan yang paling utama.

Kelenjar Prostat

Prostat adalah kelenjar berukuran kecil yang termasuk kedalam sistem reproduksi pria, terletak di bawah kandung kemih sebagai penampung air seni tepat di depan rektum atau tempat penampungan kotoran dari usus.

Fungsi dari kelenjar prostat ini adalah sebagai penghasil cairan yang akan melindungi sperm4 dan juga sebagau bahan pembuat air mani pada laki-laki. Cairan kelenjar prostat ini biasanya akan dikeluarkan pada saat pria mengalami ejakulasi.

Ketika kelenjar prostat mengalami gangguan maka otomatis fungsi dari kelenjar prostat tersebut akan terganggu sehingga memunculkan berbagai keluhan atau gejala pada penderitanya.

Penyebab Kanker Prostat

Beberapa contoh gangguan pada prostat adalah peradangan prostat ( prostatits ) yang menyebabkan prostat membengkak atau membesar dan kanker prostat yakni kondisi dimana adanya pertumbuhan sel yang tak mampu dikontrol oleh tubuh ( abnormal ).

Dari kedua jenis tersebut, kanker prostat adalah gangguan prostat yang perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan kematian.

Secara umum kanker prostat lebih sering ditemukan kasusnya pada pria dengan usia diatas 40 tahun mengingat usia tersebut adalah usia yang sudah tidak prima lagi sehingga mudah terserang berbagai gangguan kesehatan.

Akan tetapi walaupun demikian seperti yang telah kami sebutkan sebelumya bahwa kanker prostat juga bisa terjadi pada di usia muda.

Bahkan hasil sebuah study yang dilakukan di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center menyebutkan bahwa saat ini telah terjadi peningkatan kasus kanker prostat pada pria muda yang mencapai 6 kali lipat dan juga tipe kanker prostat ini lebih agresif pada usia muda.

Hal tersebut jelas membuktikan bahwa saat ini kanker prostat tidak hanya terjadi pada pria usia udzur tapi juga bisa menyerang pria muda.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kanker prostat pada usia muda, yakni :

  1. Riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit kanker prostat 3 kali lebih besar menurunkan kanker prostat.
  2. Kegemukan dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kanker prostat pada usia muda. Hal ini kerena berbagai macam hal.
  3. Makanan tertentu dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker prostat. Contoh dari makanan yang tidak sehat adalah ayam goreng, kentang goreng, ikan goreng, dan donat. Jika makanan tersebut dikonsumsi seminggu sekali, ia akan menyumbang akan adanya kanker prostat pada usia muda. Ini berdasarkan penelitian dari Janet L. Standford, PhD dari Hutchinson Center.
  4. Hubungan i*t*m yang terlalu sering di usia 20 sampai 30 tahun akan memiliki resiko kanker prostat dua kali lipat. Bahkan ada juga penelitian yang menunjukan bahwa jika laki-laki sering onani, maka ia juga akan memiliki resiko terserang kanker dikemudian hari.

Nah itulah beberapa penyebab kanker prostat pada usia muda, jika saat ini anda memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker prostat maka penting bagi anda untuk rutin melakukan pemeriksaan dan melakukan upaya pencegahan penyakit kanker prostat.

Cara Mencegah Kanker Prostat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai salah satu upaya pencegahan kanker prostat, yakni :

  • Perbanyak minum air putih
  • Minum jus buah delima
  • Minum jus tomat ( paling direkomendasikan )
  • Perbanyak makan sayuran dan buah buahan
  • Perkaya dengan makanan kaya Zinc
  • Konsumsi makanan kaya vitamin D dan E
  • Kurangi makanan yang mengandung kolestrol
  • Kurangi makanan yang mengandung lemak
  • Berhenti konsumsi alcohol
  • Rutin berolahraga
  • Konsumsi obat herbal kanker prostat

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab kanker prostat pada usia muda dan pencegahannya ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat serta bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih kami ucapkan telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana dan jangan lupa bagikan jika anda rasa tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *