Efek Samping Setelah Operasi Tulang Belakang

Inilah efek samping setelah operasi tulang belakang yang perlu anda ketahui sebelum anda mengambil tindakan operasi yang menjadi salah satu pengobatan tumor tulang belakang secara medis.

Efek Samping Setelah Operasi Tulang Belakang

Efek Samping Setelah Operasi Tulang Belakang

Ketika hasil diaknosa yang didasarkan pada beberapa hasil pemeriksaan menunjukan penyakit tumor yang tumbuh di tulang belakang semakin parah maka operasi menjadi salah satu opsi yang biasanya akan disarakan dokter dalam mengobati penyakit tersebut.

Namun, operasi bisa saja sangat invasif dan sesewaktu menjadi prosedur yang agak merusak yang dapat menempatkan pasien pada keadaan yang lebih buruk daripada sebelumnya.

Mengingat operasi yang dilakukan bisa menimbulkan berbagai efek samping setelah operasi tersebut dilakukan.

Hal ini tentu patut kita pertimbangkan mana kala operasi ingin dipilih, oleh sebab itulah mengapa dokter biasanya akan menjelaskan hal apa saja yang mungkin terjadi pasca operasi sebelum operasi dilakukan.

Prosedur operasi tulang belakang ( laminektomi  ) dilakukan dengan cara membuang bagian kecil tulang dari satu atau beberapa tulang belakang yang ditumbuhi tumor pada kasus operasi tumor tulang belakang.

Hal tersebut tentu untuk mencegah tumor menyebar ke bagian tulang belakang lainnya serta organ tubuh lainnya. Selain itu pengangkatan tumor tersebut juga bertujuan untuk meringankan gejala yang muncul akibat pertumbuhan tumor di tulang belakang tersebut.

Beberapa gejala yang biasanya muncul akibat tumor tulang belakang tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sakit punggung, kadang-kadang menjalar ke bagian tubuh lain.
  • Mati rasa, terutama di lengan atau kaki.
  • Kesulitan berjalan, kadang-kadang menyebabkan seseorang mudah jatuh.
  • Penurunan sensitivitas terhadap rasa sakit, panas dan dingin.
  • Hilangnya fungsi usus atau kandung kemih
  • Kelemahan pada otot dengan tingkat keparahan yang bervariasi mengikuti jenis saraf atau bagian dari sumsum tulang belakang tertekan oleh tumor

Namun operasi yang dilakukan secara umum bisa menimbulkan resiko atau efek samping pasca operasi.

Efek Samping Setelah Operasi Tulang Belakang Yang Bisa Terjadi

Salah satu efek samping setelah operasi tulang belakang yang bisa terjadi adalah merembesnya cairan cerebrospinal untuk itulah sebabnya pasca operasi pasien disarakan berbaring selama 1-2 hari.

Selanjutnya efek samping pasca operasi tulang belakang yang bisa muncul atau terjadi adalah kerusakan saraf yang bisa berujung pada kelumpuhan hingga hilangnya kemampuan menahan buang air besar atau buang air kecil.

Efek samping atau resiko tersebut akan semakin meningkat jika operasi tulang belakang yang dilakukan karena penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang), osteoarthritis (radang sendi tulang), dan tumor.

Hal tersebut karena bentuk anatomis tulang yang abnormal dan rapuh sehingga pembedahan menjadi lebih sulit.

Tidak hanya itu efek samping setelah operasi tulang belakang yang tidak akan terhindarkan adalah munculnya luka bekas operasi yang harus benar-benar melakukan perawatan karena jika tidak luka bisa infeksi dan proses penyembuhan akan lebih lama.

Jika kondisi normal atau luka bekas jahitan tidak mengalami infeksi maka waktu yang diperlukan untuk luka bisa menutup kembali adalah sekitar 10 hingga 12 hari pasca operasi.

Itulah beberapa efek samping setelah operasi tulang belakang yang bisa muncul dan terjadi yang perlu anda ketahui, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Mengingat ada efek samping yang bisa muncul pasca operasi tulang belakang maka tidak ada salahnya jika anda memilih pengobatan lain yakni dengan konsumsi obat herbal tulang belakang.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan salam sehat !

sumber materi : www.kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *