Biaya Operasi Hisprung

Berikut ini adalah perkiraan biaya operasi hisprung dan proses operasi yang dilakukan oleh dokter dalam mengobati penyakit hisprung pada bayi.

operasi hisprung

Penyakit hisprung ( Hirschsprung Disease ) adalah kondisi langka dimana feses terjebak didalam usus besar, hal tersebut terjadi karena ketiadaan atau rusaknya sel-sel saraf otot di sebagian atau seluruh usus besar akibat pertumbuhan janin yang tak sepurna saat dalam kandungan sehingga penyakit ini cenderung ditemukan kasusnya pada bayi yang baru lahir.

Bayi yang menderita penyakit hisprung akan mengalami sulit buang air besar sehingga perut akan terus membesar atau membuncit akibat kotoran terjebak dalam usus besar. Kondisi ini jelas akan membuat bayi merasa tersiksa dan beresiko mengalami infeksi disaluran pencernaan.

Indikasi atau gejala yang muncuk ketika bayi sudah mengalami infeksi pencernaan adalah bayi akan mengalami demam tinggi.

Disarankan untuk segera melakukan tindakan dan pengobatan yang cepat dan tepat ketika bayi anda mengalami kondisi diatas, karena jika tidak maka bisa menimbulkan kondisi lebih serius.

Operasi menjadi salah satu tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter dalam menyembuhkan penyakit hisprung pada bayi.

Biaya Operasi Hisprung Dan Prosesnya

Operasi hisprung dilakukan bertujuan memotong bagian usus besar yang tidak memiliki sel-sel saraf kemudian bagian usus yang bermasalah tersebut diangkat. Selanjutnya bagian usus besar yang normal ditarik dan disambungkan langsung ke usus.

Prosedur operasi hisprung yang biasa dilakukan oleh dokter adalah operasi laparoskopi atau bedah minimal invasif melalui anus.

Sebelum di operasi, bayi yang terkena penyakit hisprung tidak diperbolehkan mendapat ASI dan diberikan makanan. Sebagai gantinya bayi akan diinfus guna memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang diperlukan oleh bayi.

Selain itu isi perut bayi juga akan di keluarkan dan dibersihkan dari semua bentuk zat baik itu caira, gas, maupu zat padat guna memperlancar proses operasi.

Jika bayi menderita penyakit hisprung sudah parah maka akan menjalani dua tahap operasi yakni pertama proses pemotongan dan pengangkatan usus yang bermasalah kemudian kotoran akan di keluarkan dari dalam tubuh melalui lubang buatan yang dibuat di perut, hal tersebut disebut dengan ostomy.

Dalam proses pembuatan lubang di perut ( ostomy ) ada dua tahap yakni ileostomy dan colostomy.

Ileostomy adalah prosedur operasi dimana dokter membuang seluruh usus besar dan menghubungkan usus kecil dengan stoma. Feses keluar dari tubuh melalui stoma.
colostomy adalah prosedur dimana dokter akan membuat stoma pada ujung usus besar. Feses keluar dari tubuh melalu ujung usus besar.

Tahap kedua dalam proses operasi hisprung adalah proses penutupan lubang buatan pada perut serta menyambungkan bagian usus yang sehat ke anus.

Jika operasi berhasil dilakukan maka perlahan-lahan bayi akan bisa buang air besar secara normal, namun sebagian besar pasien akan mengalami diare selama beberapa hari pasca operasi.

Resiko Atau Efek Samping Operasi Hisprung

Semua operasi tentu akan memiliki resiko termasuk operasi penyakit hispung pada bayi, dan berikut ini adalah beberapa resiko yang bisa muncul, berupa :

  1. perdarahan selama atau setelah operasi.
  2. usus terinfeksi (enterocolitis).
  3. isi usus bocor ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan infeksi serius (peritonitis) jika tidak ditangani dengan cepat.
  4. usus menjadi menyempit atau tersumbat lagi, membutuhkan operasi lebih lanjut.

Namun anda tidak perlu khawatir, dokter pasti akan menjalankan operasi dengan penuh kehati-hatian dan propesional guna menekan hingga sekcil mungkin resiko terjadi.

Biaya Operasi Hisprung

Biaya operasi hisprung pasti akan berbeda disetiap rumah sakit dan daerah, namun yang jelas biaya yang dikeluarkan tidaklah murah.

Sebagai perkiraan dari beberapa sumber dapat kami simpulkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk operasi penyakit hisprung adalah ada di angka 25.000.000 hingga 103.000.000 .

Nominal yang kami sebutkan atau cantumkan dihalaman ini bukanlah nominal valid, hanya sebagai gambaran saja. Untuk informasi lengkap tentu anda harus menanyakan langkung ke pihak rumah sakit bersangkutan.

Yang perlu diperhatikan adalah setelah operasi bayi tidak akan bisa langsung sembuh total, karena diperlukan waktu untuk belajar menggerakan otot usus agat kotoran bisa keluar. Untuk itu selama satu tahun setelah operasi hisprung pasien harus tetap melakukan kontrol medis guna mencegah terjadinya enterokolistis.

Mengingat biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit dan proses yang dijalani tidaklah mudah maka banyak orang tua yang memilih penobatan hisprung secara alternatif yakni dengan konsumsi obat herbal/tradisional. ( Baca : Obat Herbal Hisprung Terbaru )

Demikianlah informasi singkat tentang operasi hisprung ini semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *