Tingkatan Minus Mata Maksimal Paling Tinggi Berapa

Minus Mata Maksimal .- Bahaya mata minus tinggi tentu menjadi hal yang perlu kita waspadai, lalu berapa tingkatan minus mata paling tinggi maksimal ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silah disimak !

Minus Mata Maksimal

Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan mata yang sering di keluhkan utamanya dizaman melenia seperti saat ini yang dalam keseharian kita tidak lepas dari hal yang bisa menyebakan mata mengalami mata minus seperti bekerja menggunakan komputer, menonton telivisi hingga penggunaan gedget yang tak pernah lepas dari tangan kita.

Gaya hidup atau kebiasaan buruk tersebutlah yang menyebabkan jumlah penderita mata minus semakin bertambah.

Celakanya mata minus bisa semakin tinggi ( bertambah ) dan dapat menimbulkan bahaya jika tidak diatasi dan ditangani dengan serius yakni berupa kebutaan.

Mata minus ( miopia ) atau yang dalam istilah awam disebut dengan rabun jauh adalah kondisi dimana menurunnya kemampuan mata dalam melihat benda yang jauh yakni menjadi kabur atau blur.

Hal tersebut muncul sebagai akibat dari lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh jauh di titik fokus mata tepatnya di depan retin bukan tepat pada retina mata.

Itulah sebabnya mengapa orang yang mengalami mata minus menggunakan kacamata berlensa cekung atau lensa negatif untuk membantu memperjelas penglihatannya.

Kondisi mata minus bisa terjadi pada siapa saja dengan berbagai latar belakang dan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa .

Selain faktor gaya hidup yang sudah kami singgung diatas, mata minus juga bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Itu artinya jika saat ini anda mengalami mata minus maka besar kemungkinan salah satu anak anda akan mengalami hal yang sama.

Yang menjadi perhatian dan perlu diwaspadai dari gangguan mata minus ini adalah bahaya yang bisa muncul jika minus mata terlalu tinggi, lalu pertanyaannya adalah berapa tingkatan minus mata maksimal ?

Tingkatan Minus Mata Maksimal

Tingkatan minus mata terbagi kedalam 3 tingkatan yakni rendah/ringan, menengah/sedang dan berat/parah.

Tingkatan atau pengelompokan tersebut ditentukan berdasarkan dioptri ( D ) yang dimiliki oleh pasien.

Dioptri adalah alat pengukuran yang digunakan ahli medis dalam mengukur seberapa parah tingkat minus / rabun jauh seseorang. Dioptri dirumuskan sebagai resiprokal jarak fokus yang diukur dalam satuan meter (yakni 1/meter).

Berikut ini adalah pengelompokan tingkat minus mata berdasarkan besaran dioptri ( D ), yakni :

  • Minus dengan ukuran 0.5 D – 3 D termasuk minus / rabun jauh tergolong ringan / rendah.

  • Minus dengan dioptri 3 D – 6 D termasuk minus tingkatan menengah / sedang.

  • Sementara pada mata minus parah / tinggi atau minus berat, yaitu lebih dari 6+ D.

Tingkatan minus mata tidak langsung menjadi tinggi melainkan secara bertahap diawali dengan minus rendah berkembang menjadi minus sedang dan parah atau tinggi.

Dengan begitu maka sebenarnya minus mata bisa dicegah sehingga tidak berkembang mejadi lebih parah.

Namun sayangnya sebagian besar orang yang menderita mata minus tidak mengetahui dan menyadari dirinya terkena mata minus sehingga sebagian besar orang yang menderita mata minus telah mengalami mata minus tinggi pada saat memeriksakan diri kepada dokter.

Dengan begitu maka penyakit mata minus yang diderita lebih sulit untuk disembuhkan serta bisa berkembang menjadi lebih parah dan menimbulkan kebutaan.

Hal tersebut bukann tanpa alasan mengingat Dokter spesialis mata Ferdiriva Hamzah mengatakan semua orang yang mengalami mata minus di atas angka tiga, rawan mengalami keputusan syaraf mata sehingga mengalami kebutaan secara permanen.

Dari penjelasaan diatas dapat disimpulkan bahwa tingkatan minus mata maksimal paling tinggi adalah lebih dari 6 Dipteri akan tapi penangan dan pengobatan yang serius diperlukan mulai dari minus mata mencapai 3-6 Diptersi karena jika tidak, bisa meningkatkan resiko tinggi mengalami kebutaan.

Baca : Cara Mengobati Mata Minus Tinggi Secara Alami

Demikianlah infirmasi singkat tentang tingkatan minus mata ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda sekaligus menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat !

Post By
www.sehatwalatra.com

One thought to “Tingkatan Minus Mata Maksimal Paling Tinggi Berapa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *