Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

Inilah makanan untuk penderita pembengkakan hati yang sebaiknya dikonsumsi guna membantu proses penyembuhan penyakit pembengkakan hati serta mencegah bengkak hati menjadi lebih parah yang dapat menimbulkan bahaya pembengkakan hati serius.

Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

Membengkaknya hati atau yang dalam istilah medis disebut dengan fatty liver adalah kondisi yang tidak boleh dianggap enteng atau sepele karena apbila tidak ditangai dan diobati dengan serius bisa berbahaya dan mengancam jiwa karena bisa mengakibatkan hati mengalami kerusakan hingga kehilangan fungsinya.

Jika sudah begitu maka jelas sangat berbahaya dan bisa mematikan mengingat hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang apabila kehilangan fungsinya bisa sangat berbahaya, dimana hati memiliki tak kurang dari 500 fungsi dalam tubuh.

Berikut ini adalah salah satu fungsi organ hati dalam tubuh yakni :

  1. Menghilangkan racun dari tubuh
  2. Mencerna protein dan lemak
  3. Memproduksi cairan penghancur lemak (empedu) yang membantu pencernaan
  4. Membantu mengontrol penggumpalan darah

Nah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pengobatan dan penyembuhan pembengkakan hati adalah pemilihan makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi harus benar-benar sehat dan dianjurkan memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk hati dengan begitu maka proses penyembuhan penyakit akan berjalan lebih maksimak.

Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

Berbicara mengenai makanan untuk penderita pembengkakan hati yang bagus dan sehat maka berikut kami berikan informasi tentang daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit pembengkakan hati.

1. Bayam

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita pembengkakan hati adalah bayam dimana sayuran ini mengandung klorofil tinggi yang mampu menetralisir semua bahan kimia dan racun dalam tubuh yang menjadi pemicu pembengkakan hati.

Tidak hanya itu bayam juga mampu menjajikan detoksifikasi serta dapat memberikan perlindungan dan memperkuat organ hati.

2. Brokoli

Selanjutnya anda penderita pembengkakan hati juga baik mengkonsumsi brokoli karena sayuan ini mampu meningkatkan jumlah glukosinolat yang berguna mengaktivasi produksi enzim yang ada pada bagian hati.

Enzim tersebut memiliki fungsi atau tugas mengeluarkan segala racun dari dalam hati termasuk karsinogen.

3. Kubis

Selain brokoli anda juga bisa mengkonsumsi kubis untuk meningkatkan kesehatan hati anda bahkan sangat baik untuk pemulihan hati atau liver.

Hampir sama dengan brokoli, kubis mampu mengaktifkan dua enzim dalam hati yang berfungsi sebagai detoksifikasi ( pengeluaran racun dalam tubuh ).

Jika enzim sudah aktif maka racun akan otomatis dibuang dari tubuh, termasuk racun yang membuat hati menjadi bengkak.

4. Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan salah satunya adalah untuk membantu penyembuhan penyakit pembengkakan hati.

Hal tersebut karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dikenal dengan sebutan catechin yang mampu meningkatkan dan kemampuan fungsi hati.

5. Kunyit

Konsumsi kunyit secara rutin juga sangat baik untuk kesehatan hati karena kunyit mampu mendetoksifikasi bagian hati sehingga racun dapat dikeluarkan dengan sempurna.

Tidak hanya itu kunyit juga dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan hati sehingga berfungsi sebagai mana mestinya.

6. Wortel

Selanjutnya makanan untuk penderita pembengkakan hati yang sangat dibolehkan adalah wortel.

Wortel terbukti mampu memulihkan kesehatan dan fungsi hati karena mengandung beta-karoten dan flavonoid yang bisa membantu mengembalikan fungsi hati kembali seperti semula secara keseluruhan.

7. Apel
8. Alpukat
9. Jeruk Bali
10. Mangga
11. Pisang
12. Pepaya
13. Lemon
14. Jeruk Nipis

Nah itulah beberapa daftar makanan untuk penderita pembengkakan hati yang baik dikonsumsi guna membantu proses penyembuhan penyakit.

Tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda memasukan beberapa makanan tersebut ke daftat menu harian anda penderita penyakit pembengkakan hati sehingga proses pengobatan dan penyembuhan yang anda jalani bisa maksimal dan anda bisa sembuh tanpa kambuh.

Demikianlah informasi tentang makanan untuk penderita pembengkakan hati ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel ini dan salam sehat.

Post By
www.sehatwalatra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *