Gejala Tumor Rahang Yang Perlu Diwaspadai

Penting bagi kita mengetahui gejala tumor rahang stadium awal dengan begitu maka penyakit tumor rahang bisa lebih mudah diatasi dan diobati sehingga tingkat kesembuhan penyakit lebih besar dibandingkan jika melakukan pengobatan dengan ukuran tumor yang sudah besar.

Hal tersebut disampaikan oleh drg. Winarno Priyanto Dokter spesialis bedah mulut RSHS Bandung yang kami kutip dari halaman kompas.com

gejala tumor rahang

Gejala Tumor Rahang Yang Perlu Diwaspadai

Tumor rahang adalah kodisi dimana adanya pertumbuhan dan perkembangan sel tumor didalam rahang.

Secara umum jenis tumor rahang yang paling sering terjadi dan ditemukan kasusnya adalah ameloblastoma yakni tumor jinak yang berasal dari sel pemebentuk gigi (odontogenik) yang tempat utamanya pada rahang.

Karena sifatnya yang jinak tumor rahang sering kali tidak disadari atau bahkan dibiarkan pada awal mula kemunculannya sehingga kebanyakan orang baru menemui dokter dengan tumor yang sudah menyebar dan membesar.

Kondisi tersebut sudah terlambat sehingga proses penyembuhan jauh lebih rumit dan sulit sehingga tingkat kesembuhan lebih kecil dibandingkan apabila melakukan pengobatan tumor jika masih kecil.

Selain itu penanganan yang terlambut juga bisa meningkatkan resiko penderita mengalami kecacaran yakni berupa deformasi (perubahan) bentuk wajah, cacat fungsi bicara dan fungsi pengunyahan.

Itulah yang menjadi alasan penting bagi kita mengenal dan mencari tahu akan gejala tumor rahang sehingga apabila kita merasakan atau menjumpainya pada anggota keluarga kita bisa melakukan tindakan yang tepat dan cepat sehingga hal buruk yang bisa saja terjadi bisa dihindari.

Gejala Tumor Rahang

Salah satu indikasi atau gejala tumor rahang yang khas adalah berupa timbulnya benjolan di sekitar rahang utamanya pada rahang bagian bawah.

Selain itu merasakan adanya benjolan di rahang orang yang terkena penyakit tumor rahang juga bisa merasakan beberapa gejala tumor rahang lainnya, yakni berupa :

  • Sariawan yang tidak kunjung sembuh
  • Bercak kemerahan atau putih dalam mulut
  • Benjolan atau penebalan pada dinding dalam mulut
  • Rasa sakit dalam mulut, terutama lidah
  • Sulit atau rasa sakit saat menelan serta mengunyah
  • Gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas
  • Perubahan suara
  • Mengalami kesulitan saat bicara
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher
  • Rahang yang terasa kaku atau sakit
  • Sakit tenggorokan

Disarakan segera melakukan pemeriksaan secepatnya jika beberapa gejala tersebut mulai dirasakan sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penanganan.

Seperti apa yang telah disebutkan diatas bahwa keterlambatan penanganan bisa menyebabkan tumor sulit untuk disembuhkan serta meningkatkan terjadi kecacatan pada wajah.

Tidak hanya itu tumor bisa berkembang lebih besar lagi dan menimbulkan infeksi sehingga bisa mengakibatkan penyempitan pada saluran pernapasan dan berubah menjadi ganas.

( Baca : Cara Mengobati Tumor Rahang Tanpa Operasi )

Itulah gejala tumor rahang yang perlu diketahui dan diwaspadai sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat tumor rahang tidak terjadi.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *