Gejala Tumor Payudara Pada Wanita Stadium Awal

Mengenal dan mengetahui gejala tumor payudara sangatlah penting mengingat tumor payudara terbagi kedalam 2 jenis yakni tumor payudara ganas yang mengarah ke kanker dan tumor payudara jinak .

Berikut kami berikan informasi tentang gejala tumor payudara jinak dan ganas yang perlu anda ketahui.

Gejala Tumor Payudara

Gejala Tumor Payudara Pada Wanita

Salah satu indikasi atau gejala tumor payudara pada wanita yang mudah untuk dikenali adalah munculnya benjolan di payudara, itulah sebabnya mengapa hampir semua wanita yang menemukan benjolan di payudaranya akan merasa panik dan takut jika itu adalah tumor payudara ganas ( kanker ).

Dan sebagian besar wanita mengira bahwa tumor payudara adalah kanker payudara padahal seperti apa yang telah disebutkan diatas bahwa tumor payudara ada 2 jenis yakni tumor payudara ganas ( kanker ) dan tumor payudara jinak.

Keduanya memiliki gejala awal yang sama yakni menimbulkan benjolan di payudara, namun yang perlu diketahui dan garis bawahi adalah TIDAK SEMUA BENJOLAN DI PAYUDARA ADALAH KANKER.

Nah disinilah penting bagi anda untuk bisa membedakan antara benjolan tumor payudara jinak dan benjolan kanker payudara.

Sebagian besar penyebab timbulnya benjolan di payudara wanita adalah tumor payudara jinak berupa fibroadenoma mammae (FAM) yang tidak terlalu berbahaya bahkan benjolan ini bisa hilang tanpa melakukan penanganan dan pengobatan.

Namun ada kalanya tumor jinak payudara FAM memerlukan penanganan dan pengobatan utamanya jika benjolan sudah semakin besar dan menunjukan keluhannya.

Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan tumor jinak ( non-kanker ) pada payudara yang terbentuk dari jaringan kelenjar payudara dan jaringan ikat ( stroma ) pada payudara.

Tumor jinak payudara ini lebih sering terjadi dan dialami oleh wanita muda berusia antara 15-35 tahun.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab tumor jinak ini muncul namun ada sebagian ahli kesehatan yang menyimpulkan bahwa fibroadenoma merupakan respons tidak normal tubuh wanita terhadap hormon estrogen.

Hal tersebut didasarkan kepada benjolan fibroanodema dapat membesar pada masa kehamilan atau saat seseorang sedang menjalani terapi pengganti hormon, dan dapat mengecil ketika tingkat hormon reproduksi menurun, misalnya setelah wanita memasuki masa menopause.

Salah satu gejala tumor payudara jinak ini yang mudah untuk dikenali adalah adanya benjolan di payudara, dimana benjolan yang muncul memiliki karakteristik berbentuk bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi kenyal dengan permukaan yang halus serta benjolan tidak terasa sakit dan mudah bergeser saat disentuh.

Sementara gejala tumor payudara ganas ( kanker payudara ) adalah benjolan memiliki karakteristik sebaliknya yakni benjolan disertai rasa sakit pada payudara atau ketiak diluar siklus menstruasi, kulit payudara menebal, keluarnya cairan dari puting ( misal : darah ), ukuran payudara berubah, perubahan pada puting serta kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk.

Jika tanda atau gejala tersebut anda alami atau temukan pada orang terdekat anda maka segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan serta dilakukan pemeriksaan secara mendalam.

Pemeriksaan yang dilakukan dalam menangani tumor payudara adalah meliputi USG dan biopsi ( mengambil sampel jaringan untuk diperiksa dengan mikroskop ) dan setelah itu barulah dokter melakukan tindakan pengobatan.

Pengobatan yang disarankan biasanya adalah bedah operasi dengan tujuan mengangkat benjolan tersebut, utamanya jika benjolan menimbulkan rasa sakit, berisiko berkembang menjadi kanker, atau tidak didapatkannya hasil yang relevan pada pemeriksaan.

Jika operasi dirasa memberatkan dan membuat anda merasa takut maka cara yang paling tepat untuk sembuh dari tumor payudara tanpa operasi adalah dengan cara melakukan pengobatan secara alternatif yakni dengan konsumsi obat tradisional tumor payudara.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala tumor payudara ini semoga bisa anda pahami dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami dan salam sehat !

Baca Juga :
Cara Mengobati Tumor Payudara Tanpa Operasi

sumber materi :

http://www.alodokter.com/

2 thoughts to “Gejala Tumor Payudara Pada Wanita Stadium Awal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *