Gejala Kanker Tulang Belakang Stadium Awal

Meskipun jarang ditemukan kasusnya, kanker tulang masuk kedalam jajaran top kanker yakni jenis penyakit yang bisa membuat orang yang mengalami menderita, untuk itu penting bagi kita mengenal ciri atau gejala kanker tulang karena dengan begitu kita bisa segera melakukan penanganan dan pengobatan sehingga hal paling buruk yang bisa terjadi akibat penyakit kanker tulang bisa dihindari.

Gejala Kanker Tulang Belakang

Gejala Kanker Tulang Stadium Awal

Kanker tulang adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan dan perkembangan sel abnormal dalam tulang yang mengakibatkan fungsi dan kemampuan tulang terganggu. Semua tulang dalam tubuh kita bisa terserng kanker akan tetapi kasus yang paling sering terjadi kanker tulang menyerang tulang kaki dan lengan.

Apabila kanker sudah sangat ganas maka bisa menyebar atau menyerang tulang bagian belakang bahkan bisa menghancurkannya, jika sudah seperti itu maka akan membuat orang yang menderitanya tak berdaya.

Sebab dari munculnya penyakit kanker tulang belum diketahui secara pasti, akan tetapi sebagian para ahli kesehatan berpedapat bahwa ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit kanker tulang, yakni :

  • Paparan radiasi tinggi seperti radioterapi
  • Memiliki riwayat penyakit kanker seperti kanker mata
  • Menderita sindroma Li-Fraumeni, sebuah kondisi genetika yang langka.
  • Menderita penyakit Paget, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan melemahnya tulang.
  • Menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.

Berdasarkan awal mula perkembangan dan pertumbuhal sel kanker, kanker tulang terbagi kedalam beberapa jenis, yakni :

  1. Osteosarcoma : sel kanker mulai tumbuh di ujung tulang panjang dan sedang aktif mengalami pertumbuhan.
  2. Chondrosarcoma : sel kanker berkembang didalam sel tulang rawan
  3. Sarkoma Ewing’s : sel kanker tumbuh dan berkembang di jaringan saraf pada sum-sum tulang belakang
  4. Tumor Sel Raksasa pada Tulang : sel kanker berkembang dan tumbuh di kaki ( dekat lutut )
  5. Chordoma : sel kanker tumbuh di tulang tengkorak dan tulang belakang

Gejala Kanker Tulang

Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala kanker tulang yang umumnya dialami oleh penderita kanker tulang, yakni :

  • Muncul nyeri terus menerus didaerah yang terkena kanker dan nyeri akan semakin meningkat jika digerkaan.
  • Pembengkakan, daerah tulang yang terkena kanker akan membesar karena membengkak berwarna kemerahan.
  • Tulang menjadi rapuh dan lemah sehingga mudah mengalami patah tulang

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang bisa menyertai berupa rasa kebas dan mati rasa, muncul benjolan pada tulang, tubuh terasa lelah, penurunan berat badan, demam di atas suhu 38° C, dan berkeringat terutama pada malam hari.

Sementara itu jika sel kanker sudah menyebar dan menyerang tulang bagian belakang maka gejala kanker tulang yang muncul akan berbeda, dimana keluhan atau gejala yang muncul adalah berupa :

1) Timbul Nyeri Dileher atau Punggung

Jika sel kanker sudah menyerang tulang bagian belakang maka penderita akan mengalami nyeri leher atau punggung dimana rasa nyeri akan timbul terus menerus dan disertai gejala lainnya serta nyeri bisa menyebar kebagian tubuh lainnya.

2) Tubuh Lemah

Ketika sel kanker sudah menyerang bagian tulang belakang maka bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, hal tersebut sebagai akibat dari tertekannya saraf serta adanya gangguan pada impuls tulang belakang.

Saking lemahnya hanya untuk berjalan membawah, meraih sesuatu dan berpeganganpun menjadi sulit atau tidak bisa.

3) Kepekaan Berkurang

Karena sumsum tulang belakang adalah saraf pusat maka ketika mengalami gangguan bisa menyebabkan berkurangnya sensasi sentuhan sehingga orang yang mengalaminya tidak mampu melagi merasakan panas atau dingin.

4) Tidak Mampu Menahan Air Kencing ( Inkontinensia )

Tertekannya saraf pada bagian sumsum tulang belakang tidak hanya bisa menyebabkan kelemahan dan keperkaan menjadi berkurang tetapi juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan kontrol kandung kemih atau usus.

5) Kelumpuhan

Jika sel kanker semakin berkembang dan menyebabkan kerusakan tulang belakang bahkan sampai menghancurkannya maka penderita bisa mengalami kelumpuhan.

Tergantung seberapa parah kanker yang diderita kelumpuhan dapat diisolasi untuk satu anggota badan. Karena ukuran dan lokasi pertumbuhan menentukan jumlah kelumpuhan, karena kanker bisa sampai ke titik di mana saraf tampaknya putus atau lesi telah terbentuk pada saraf itu sendiri.

Itulah beberapa gejala kanker tulang yang biasa muncul dan umumnya dialami oleh penderita penyakit kanker tulang, jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa keluhan gejala kanker tulang diatas maka segera lakukan langkah penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga hal paling buruk yang bisa terjadi akibat penyakit kanker tulang bisa hindari dan dicegah.

Salah satunya ialah anda bisa melakukan pengobatan secara alternatif yaitu dengan rutin konsumsi obat tradisional kanker tulang.

Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *