Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Gejala Kanker Darah .- Stadium 1 adalah kondisi dimana kanker darah baru berkembang dimana pada fase ini sel kanker belum berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga tingkat kesembuhan lebih tinggi dibandingkan jika kanker sudah sampai stadium 4.

Untuk itu sangat penting bagi kita bisa mengenali tanda dan gejala kanker darah stadium awal sehingga hal yang lebih buruk akibat penyakit kanker darah dan semua jenis kanker bisa dihindari.

Gejala Kanker Darah

Gejala Kanker Darah Leukimia Stadium Awal

Kanker darah atau yang lebih dikenal dengan penyakit leukimia merupakan jenis kanker yang mematikan karena telah banyak orang yang meregang nyawa akibat penyakit ini mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Kanker ini menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan sel-sel darah putih berkembang secara abnormal dan diproduksi secara berlebihan oleh sumsum tulang belakang.

Dalam kondisi normal sel darah putih akan diproduksi jika tubuh memerlukannya dimana tubuh kita akan memberikan tanda/signal secara teratur kapan sel darah harus diproduksi.

Sel darah putih yang berkembang secara abnormal dan diproduksi secara berlebihan akan mengakibatkan tubuh kelebihan sel darah putih sehingga menumpuk pada sumsum tulang yang akan memicu berkurangnya sel-sel darah sehat sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan pada kesehatan.

Ada empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi dan ditemukannya kasusnya, yakni :

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi bisa juga menyerang dewasa.

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah ini kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 20 tahun. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurun secara drastis.

Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Gejala kanker darah stadium awal sulit untuk dikenali karena tidak menimbulkan gejala khusus, gejala baru akan disadari jika penderita mengalami kecelakan seperti terjatuh dan mengeluarkan darah.

Darah Sulit Berhenti Saat Terluka

Normalnya jika tidak mengidap kanker darah ketika darah keluar karena terjatuh dan lainnya maka darah akan segera menggumpal dan aliran darah terhenti serang bebearapa menit.

Namun, halnya jika yang mengalami adalah penderita kanker darah dimana darah yang keluar akan sulit berhenti atau dihentikan, akibatnya akan kekurangan darah ( anemia ).

Darah dengan warna pink juga bisa menjadi tanda atau gejala awal dari penyakit kanker darah.

Selanjutnya pengidap penderita kanker darah juga akan sering mengalami mimisan tanpa sebab yang jelas yang disertai kepala pusing yang begitu hebat.

Tidak hanya itu orang yang terserang penyakit kanker darah juga biasanya mengalami nyeri sendi dan tulang belakang yang hebat sehingga penderita juga mengalami demam tinggi, kondisi tersebut menandakan bahwa sumsum tulang belakang sedang digerogoti kanker darah.

Selain mengalami kondisi tersebut, ada beberapa kondisi lain yang patut diwaspadai sebagai tanda atau gejala kanker darah, yakni :

  • Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  • Muntah-muntah
  • Keringat berlebihan, terutama pada malam hari
  • Penurunan berat badan
  • Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.
  • Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  • Muncul bintik-bintik merah pada pada kulit.

Segera lakukan dan penanganan yang cepat dan tepat yakni dengan segera memeriksakan diri kepada dokter jika beberapa gejala kanker darah tersebut mulai anda atau orang terdekat anda rasakan sehingga hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari.

Demikianlah informasi tentang gejala kanker darah yang bisa kami sampaikan semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan salam sehat.

Baca Juga :
Cara Mengobati Kanker Darah Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *