Ciri Kanker Pankreas Stadium Akhir

Stadium akhir adalah stadium paling parah dari penyakit kanker termasuk penyakit kanker pankreas, dimana pada fase ini kecil kemungkinan untuk bisa disembuhkan untuk itu penting bagi kita mewaspadai gejala atau ciri kanker pankreas stadium akhir, apa saja gejalanya berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak.

Ciri Kanker Pankreas Stadium Akhir

Ciri Kanker Pankreas Stadium Akhir

Kanker pankreas adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan sel tak terkendali di organ pankreas yakni sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan kita memiliki panjang 15cm. Fungsi dari kelenjar pankreas sendiri adalah sebagai penghasil hormon dan enzim untuk menghancurkan makanan dalam perut yang setiap hari kita konsumsi.

Contoh enzim yang dihasilkan kelenjar pankreas yang disalurkan melalui salurannya sendiri-sendiri : kelenjar air liur, kelenjar keringat, kelenjar air susu ibu, kelenjar lendir, kelenjar sebasea (minyak), dan kelenjar air mata. Enzim yang dihasilkan tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Sementara itu hormon yang dihasilkan pakreas adalah hormon insulin yang berguna untuk mengikat glukosa dari darah untuk dibawa ke beberapa jaringan di dalam tubuh agar bisa digunakan sebagai energi.

Hormon insulin ini juga penting bagi hati, karena membantu hati menyerap glukosa dan menyimpannya sebagai glikogen yang akan digunakan jika tubuh membutuhkan energi ekstra.

Ketika organ pankreas mengalami gangguan maka otomatis akan kehilangan fungsi dan kemampuan akibatnya bisa menimbulkan gangguan kesehatan berupa diare, penurunan berat badan, dan terkena penyakit diabetes.

Nah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan fungsi dari kelenjar pankreas terganggu bahkan bisa menghancurkan organ tersebut adalah kanker pankreas.

Kanker pankreas bisa terjadi atau dialami oleh pria maupun wanita dan cenderung dialami atau menyerang orang bersusia lanjut yakni diatas 75 tahun.

Celakanya diawal mula perkembangannya kanker prankreas tergolong penyakit yang tidak menunjukan gejala sehingga sulit untu dideteksi. Gejala kanker pankreas baru muncul atau dirasakan oleh penderita jika sudah berkembang lebih lanjut.

Ciri Kanker Pankreas Stadium Akhir

Ciri kanker pankreas stadium lanjut tergantung bagian pankreas mana yang terkena kanker mengingat pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar yakni pertama kelenjar yang menghasilkan enzim dan kedua kelenjar yang menghasilkan hormon.

Dari kedua jenis kelenjar tersebut, kelenjat penghasil enzim adalah bagian yang paling sering terkena penyakit kanker dengan indikasi atau gejala yang timbul berupa : penyakit kuning, kehilangan berat badan, dan nyeri punggung atau nyeri perut.

Selain beberapa gejala tersebut, penderita kanker pankreas juga bisa mengalami beberapa gejala sebagai berikut :

  • Diabetes
  • Demam dan menggigil
  • Gatal
  • Darah mudah menggumpal
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Perubahan pola buang air besar
  • Hilangnya selera makan

Sementara itu jika penyakit kanker pankreas sudah sampai pada stadium akhir yakni stadium paling parah dimana pada stadium ini angka kesembuhan kecil gejala atau ciri kanker pankreas yang muncul adalah berupa :

1) Badan Semakin Kurus

Penderita kanker pankreas stadium akhir akan memiliki fisik kurus, hal tersebut terjadi akibat dari kurangnya asupan vitamin A dan B sehingga nafsu makan pun terus menurun dan penderita akan mengalami masalah tidur yang berat.

2) Gangguan Pencernaan Extrime

Selanjutnya jika penyakit kanker pankreas yang diderita sudah stadium akhir maka penderita akan mengalami gangguan pencernaan yang sangat berbahaya yakni berupa pendarahan gastroinstestinal dan gangguan pencernaan lain yang mengancam jiwa.

3) Mengalami Gangguan Saraf

Penderita kanker pankreas juga bisa mengalami gangguan saraf, mengingat pankreas terhubung dengan sistem saraf tubuh, sehingga jika pertumbuhan sel kanker mencapai stadium akhir tidak dapat dipungkiri berdampak pada terjadinya gangguan sistem saraf.

4) Tubuh Menguning

Ketika kanker pakreas sudah sampai pada tahap stadium akhir maka bisa menyebabkan hati mengalami kerusakan dan kehilangan fungsinya. Hal tersebut ditandai dengan menguningnya seluruh tubuh mulai dari mata, kuku dan kuku.

5) Nyeri Perut Hebat

Penderita kanker prankeas dengan stadium akhirnya bisa mengalami nyeri perut hebat yang tak tertahankan sehingga penderita terlihat sangat menderita.

Itulah beberapa gejala atau ciri kanker pankreas setadium lanjut dan stadium akhir yang perlu diketahui, dan apabila saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala tersebut maka segera lakukan penanganan dan pengobatan yang serius agar dampak buruk akibat penyakit pankreas bisa dihindari. ( Baca : Obat Kanker Pankreas Alami )

Semoga informasi seputar gejala kanker pankreas yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *