Ciri Ciri Kanker Prostat Pada Pria

Untuk semua pria dengan berbagai usia mulai dari yang tua hingga muda sangat penting mengetahui ciri ciri kanker prostat sehingga dampak buruk akibat penyakit kanker prostat bisa dihindari mengingat kanker prostat yang belum menyebar bisa lebih mudah diatasi dan diobati.

Ciri Ciri Kanker Prostat Pada Pria

Ciri Ciri Kanker Prostat Pada Pria Stadium Awal

1 dari 7 pria indonesia berpotensi terkena kanker prostat yakni pertumbuhan dan perkembang sel yang tak terkendali didalam kelenjar prostat yakni kelenjar kecil dari sistem reproduksi pria yang terletak di sekitar panggul tepatnya di bawah kandung kemih di depan rektum mengelilingi utera yakni saluaran pembawa air seni dari kandung kemih ke Mr.P pada pria.

Fungsi dari kelenjar prostat pada pria adalah sebagai penghasil cairan yang dapat menyuburkan dan melidungi sperma yang akan dikeluarkan pada saat pria mengalami ejakulasi.

Secara umum kanker prostat berkembang secara perlahan sehingga jarang menimbulkan gejala dan jarang disadari oleh pria yang menderitanya, namun pada sebagian kasus yang jarang terjadi kanker prostat juga bersifar agresif sehingga menyebar dengan cepat.

Namun walaupaun demikian ada beberapa kondisi yang patut dicurigai sebagai ciri ciri kanker prostat jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalaminya, beberapa gejala tersebut adalah berupa :

  1. Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  2. Desakan kuat untuk buang air kecil
  3. Sulit berkemih yakni sulit memulai atau menghentikan aliran urin
  4. Aliran urin yang lemah atau berkurang
  5. Aliran urin yang putus-putus
  6. Perasaan bahwa kandung kemih belum sepenuhnya kosong
  7. Rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil
  8. Darah di urin (hematuria) atau air mani
  9. Rasa sakit saat ejakulasi
  10. Sulit ereksi atau menahan ereksi
  11. Darah pada sperma
  12. Sulit BAB

Sulit berkeming pada penderita kanker prostat adalah berupa ingin berkemih tapi tidak ada yang keluar, perasaan masih ingin berkemih atau urine yang keluar sedikit-sedikit.Hal tersebut muncul sebagai akibat dari membesarnya kelenjar prostat akibat pertumbuhan tumor.

Nyeri saat berkemih pada penderita kanker prostat akibat dari masa tumor atau kanker menekan saluran kemih. Namun nyeri saat berkemih juga bisa terjadi karena infeksi kelenjar prostat.

Sementara itu kesulitan ereksi atau menahan ereksi pada penderita kanker prostat sebagai akibat dari terhambatnya aliran darah menuju ke Mr.P atau karena membersarnya kelenjar prostat.

Selain menyebabkan kesulitan ereksi atau mempertahan ereksi, kelenjar prostat yang membesar juga bisa mengakibatkan sulirnya BAB itulah sebabnya mengapa sulit BAB bisa juga menjadi pertanda atau ciri ciri kanker prostat.

Sementara itu jika penyakit kanker prostat sudah masuk kedalam stadium lanjut dan sudah menyebar kebagian tubuh lainnya maka gejala atau ciri ciri kanker prostat pada pria bisa berbeda, dimana gejala yang muncul adalah sebagai berikut :

  • nyeri tulang (terutama di punggug, pinggang, paha, atau leher)
  • penurunan berat badan
  • kelelahan
  • jumlah sel darah merah rendah (anemia)
  • kelemahan atau mati rasa di tungkai atau telapak kaki
  • kehilangan kendali buang air kecil atau besar

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala diatas utamanya jika pria yang mengalaminya sudah masuk usia diatas 50 tahun.

Namun semua gejala tersebut tidak selalu menunjukan ciri ciri kanker prostat, melainkan ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa menimbulkan gejala tersebut.

Untuk itu sangat penting atau wajib hukum bagi pria yang mengalami gejala diatas untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter pada saat mengalaminya.

Selain mewaspadai ciri ciri kanker prostat diatas, setiap pria utamanya yang telah berusia diatas 50 tahun untuk melakukan cek atau pemeriksaan secara berkala. Jika dicurigai kanker, tim dokter akan mengonfirmasi apakah ada tumor atau tidak, dan termasuk jenis apa kanker tersebut.

Berikut ini adalah serangkaian tes dan pemeriksaan medis yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mendiaknosa penyakit kanker prostat, yakni :

  • Riwayat medis dan pemeriksaan fisik: dokter akan memeriksa tanda-tanda kanker prostat dan mengajukan pertanyaan tentang riwayat keluarga.
  • Pemeriksaan rektum digital (DRE): dokter memasukkan jarinya ke dalam rektum untuk meraba kelenjar prostat melalui dinding rektum.
  • Tes antigen spesifik-prostat (PSA): dilakukan untuk mengukur kadar PSA—protein yang dihasilkan prostat.
  • Ultrasound transrektum (TRUS): menggunakan probe ultrasound yang dimasukkan ke dalam rektum untuk membuat citra prostat.
  • Biopsi: digunakan untuk mendiagnosis kanker prostat. Biopsi prostat bisa dilakukan jika kelainan ditemukan dalam DRE atau ultrasound transrektum. Metode ini juga bisa dilakukan jika kadar PSA terlalu tinggi untuk usia pria tersebut atau telah meningkat dari waktu ke waktu atau meningkat dengan cepat.
  • Hitung darah lengkap (CBC): mengukur jumlah dan kualitas sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
  • Tes kimia darah: mengukur bahan kimia tertentu dalam darah. Tes ini menunjukkan seberapa baik fungsi organ tertentu dan juga bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan.
  • Scan tulang: menggunakan bahan radioaktif pencari-tulang (radiofarmaka) dan komputer untuk menghasilkan gambar tulang untuk memeriksa apakah kanker prostat telah menyebar ke tulang.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri kanker prostat pada pria yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini dan salam sehat.

sumber materi :
https://hellosehat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *