Ciri Ciri Kanker Lidah Stadium Awal

Ciri Ciri Kanker Lidah Stadium Awal .- Stadium awal adalah kondisi dimana sel baru tumbuh dan belum menyebar sehingga jarang menimbulkan gejala khusus, bahkan lebih sering gejala yang muncul seperti keluhan penyakit biasa. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui tanda atau ciri ciri kanker lidah stadium awal agar bisa membedakan antara gejala kanker lidah dan penyakit biasa.

Ciri Ciri Kanker Lidah

Ciri Ciri Kanker Lidah Stadium Awal

Kanker lidah adalah kondisi dimana adanya perkembangan sel secara abnormal yang menyerang lidah tepatnya sel skuamosa yang terdapat dipermukaan lidah.

Sel skuamosa merupaka sel berbentuk datar dan pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulit, hidung, laring, tiroid dan tenggorokan.

Para ahli kesehatan meyakini dan berpendapat bahwa penyebab utama dari munculnya penyakit kanker lidah ini adalah alkohol dan konsumsi tembakau ( rokok ) berlebihan mengingat keduanya memiliki sifat karsinogenik yang kuat yakni zat yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker dan merusak DNA dalam sel.

Untuk itu bagi anda perokok aktif maupun pasif anda memiliki resiko tinggi terkena kanker lidah atau kanker mulut jadi anda harus senantiasa waspada salah satunya adalah dengan anda mengetahui dan mencari tahu akan ciri ciri kanker lidah stadium awal.

Selain alkohol dan rokok, kanker lidah juga bisa dipicu oleh Human papillomavirus (HPV) namun kasusunya jarang terjadi. HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker.

HPV ditularkan melalu kontak langsung dengan pengidap seperti melalui kontak seksual yakni saat berhubungan intim, seka anal hingga seks oral.

Ciri Ciri Kanker Lidah Stadium Awal

Walaupun pada stadium awal kanker lidah tidak menunjukan gejala khusus, namun ada beberapa hal yang patut diwaspadai sebagai tanda atau ciri ciri kanker lidah stadium awal sehingga jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalaminya disarankan untuk melakukan penanganan yang serius.

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri kanker lidah stadium awal tersebut, yakni :

Mulut Terasa Kebas

Salah satu keluhan yang perlu diperhatikan dan dicurigai sebagai kanker lidah adalah munculnya rasa kebas di lidah yang menyebabkan lidah sulit untuk di gerakan.

Sakit Saat Menelan

Segera lakukan pemeriksaan dan penanganan yang serius jika anda mengalami sakit saat menelan yang tak kunjung sembuh.

Sakit Tenggorokan

Munculnya sakit di tenggorokan juga patut anda waspadai sebagai gejala kanker lidah karena salah satu indikasi dari timbulnya kanker mulut adalah tenggorokan akan terasa nyeri.

Timbulnya sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh peradangan hingga penyakit asam lambung naik.

Muncul Bercak Merah/Putih Di Lidah

Segera periksakan diri anda kepada dokter jika diketahui ada atau muncul bercak-bercak berwarna putih atau merah di lidah, karena bisa jadi bercak tersebut sebagai tanda tumbuhnya sel kanker di lidah.

Muncul Benjolan Di Lidah

Salah satu ciri khas dari muculnya penyakit tumor dan kanker adalah menimbulkan benjolan. Untuk itu jika anda merasakan atau menemukan benjolan di lidah anda maka anda harus segera menemui dokter utamanya jika benjolan yang muncul tak kunjung hilang.

Muncul Sariawan Mulut Terus Menerus

Berhati-hatilah jika anda mengalami sariawan terus menerus yang tak kunjung teratasi mengingat kondisi tersebut bisa jadi sebagai ciri atau tanda adanya pertumbuhan kanker di sekitar mulut anda.

Terjadi Pendarahan di Lidah tanpa Sebab

Terjadinya pendarahan di lidah tanpa sebab yang jelas menjadi tanda atau ciri ciri kanker lidah stadium awal yang mungkin saja terjadi, untuk itu jika anda sering mengalami pendarahan di lihat secara rutin tanpa sebab maka sebaiknya anda segera mengambil langkah yang cepat dan tepat.

Itulah beberapa tanda atau ciri ciri kanker lidah stadium awal yang patut kita waspadai dan ketahui utamanya bagi anda yang sering merokok dan mengkonsumsi alkohol berlebih, bisa jadi jika anda mengalami beberapa kondisi tersebut anda terkena penyakit kanker lidah, yang mana penyakit ini harus ditangai dengan serius karena bisa membahayakan.

Baca : Cara Mengobati Kanker Lidah Secara Alami

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjawa rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *