Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Kanker kelenjar getah bening stadium 1 adalah kondisi dimana sel kanker baru tumbuh dan belum menyebar sehingga tingkat kesembuhan lebih tinggi jika segera diatasi, untuk itu penting bagi kita mengenali ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1, apa saja ciri atau gejalanya ? berikut kami berikan informasinya untuk anda !

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Yang Mudah Dikenali

Kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang menyerang limfosit yakni sel darah putih yang membentuk sistem kekebalan tubuh kita sehingga menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh manusia.

Hal tersebut karena sel-sel darah putih limfosit dalam sistem limfatik dapat membantu pembentukan antibodi guna memerangi infeksi. Namun jika sel sel limfosit dalam sistem limfatik tersebut diserang kanker maka otomatis sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga mudah terserang infeksi dan penyakit.

Itulah sebabnya mengapa kanker kelenjar getah bening termasuk kedalam penyakit berbahaya karena bisa menyebabkan orang yang menderitanya meregang nyawa.

Ada dua jenis kanker kelenjar getah bening yakni limfoma hodgkins dan limfoma non hodgkins. Dari kedua jenis tersebut Limfoma non-Hodgkin adalah jenis kanker kelenjar getah bening yang lebih sering ditemukan kasusnya.

Keduanya memiliki gejala yang hampir mirip namun ada hal yang membedakannya, apa saja hal tersebut ? berikut adalah ciri ciri kanker kelenjar getah bening limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin

=>> Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening non-Hodgkin

Kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin bisa menimbulkan beragam ciri atau tanda bahkan bisa berbeda-beda pada setiap penderitanya tergantung bagian mana yang terkena kanker. Bahkan dalam beberapa kasus jenis kanker ini tidak menimbulkan gejala sama sekali sampai akhirnya kanker sampai pada stadium lanjut.

Berikut ini adalah ciri ciri kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin yang umumnya terjadi, yakni :

  • Timbul benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan, yang tidak terasa sakit
  • Rasa sakit atau pembengkakan di perut
  • Merasa cepat kenyang meskipun cuman makan sedikit
  • Nyeri atau perasaan tertekan di dada
  • Sesak napas atau batuk
  • Demam
  • Penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya
  • Berkeringat di malam hari
  • Kelelahan yang ekstrim
  • Kurang sel darah merah (anemia)

Segera temui dokter jika saat ini anda atau orang terdekat anda mulai merasakan beberapa ciri atau gejala tersebut sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari, atau anda juga bisa melakukan pengobatan gejala kanker kelenjar getah bening tersebut sendiri dirumah secara alami yakni dengan konsumsi obat herbal kanker kelenjar getah bening.

=>> Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Hodgkin

Seseorang yang terkena penyakit kanker kelenjar getah bening hodgkin sering kali merasa sangat sehat sehingga tidak menyadari dirinya mengidap penyakit kanker tersebut. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa tanda atau ciri ciri kanker kelenjar getah bening hodgkin sedang berkembang dalam tubuh. Berikut adalah indikasi atau ciri-cirinya, yakni :

  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, tanpa merasakan sakit
  • Demam dan menggigil
  • Kelelahan yang terus-menerus
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya
  • Kehilangan seleran makan
  • Gatal-gatal
  • Peningkatkan sensitivitas terhadap efek alkohol, atau terasa sakit pada kelenjar getah bening setelah minum alkohol

Jika anda merasakan atau mendapati beberapa ciri atau tanda tersebut pada orang terdekat anda maka segera bawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat sehingga kemungkinan tersebut yang muncul bisa dicegah.

Biasanya dokter akan melakukan beberapa langlah pemeriksaan mulai dari pemeriksaan jaringan kelenjar getah bening melalui metode eksisional biopsi ataupun insisional biopsi hingga melakukan tes darah guna mengetahui jumlah sel darah putih.

Jika hasil analisa dan pemeriksaan dokter menunjukan gejala belum terlalu parah maka besar kemungkinan untuk bisa sembuh dan sebaliknya jika penyakit yang diderita sudah masuk kategori lanjut maka sulit untuk disembuhkan.

Itulah pentingnya mengapa kita harus tahu akan tanda atau ciri ciri kanker kelenjar getah bening, disamping  untuk mencegah hal terburuk yang mungkin saja terjadi juga dengan kita mengenal tanda dan gejalanya kita bisa segera malukan tindakan pengobatan jika mengalaminya.

Demikianlah informasi singkat tentang ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 ini semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak halaman ini dan salam sehat. Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *