Ciri Ciri Kanker Hati Stadium Akhir

Stadium akhir adalah kondisi dimana penyakit kanker hati yang diderita sudah semakin parah sehingga sulit untuk disembuhkan, dan berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri ciri kanker hati stadium akhir yang umunya muncul dan terjadi.

Ciri Ciri Kanker Hati Stadium Akhir

Ciri Ciri Kanker Hati Stadium Akhir

Kanker hati adalah penyakit mematikan yang cukup banyak ditemukan di indonesia dimana setidaknya ada sebanyak 30.000 kasus ditemukan setiap tahunnya.

Didunia penyakit kanker hati ( hepatoma ) juga termasuk kedalam 5 besar penyakit yang banyak diderita, khusunya pada mereka yang terinfeksi virus hepatitis B dan C.

Berdasarkan asal muasalnya, kanker hati terbagi kedalam dua jenis yakni pertama kanker hati primer ( Hepatocellular ) yakni kanker hati yang bermula dari hati dan berakibat fatal dan kedua kanker hati sekunder atau Metastesis yang berawal dari organ lain dan menyebar ke organ hati.

Celakanya penyakit kanker hati termasuk kedalam jenis penyakit yang tidak menimbulkan gejala khusus diawal kemunculannya sehingga kebanyakan penderita baru menemui dokter dengan gejala stadium lanjut dimana penyakit sudah semakin parah sehingga peluang untuk sembuh dari penyakit ini lebih kecil.

Berikut ini adalah beberapa gejala atai ciri ciri kanker hati stadium akhir yang umumnya terjadi, yakni :

1.Nyeri Akut Pada Perut

Seseorang yang menderita kanker hati stadium akhir akan merasakan nyeri luar biasa di bagian perut hingga menjalar ke punggung bawah bagian belakang. Akibat nyeri luar biasa tersebut penderita akan kesulitan untuk duduk atau berdiri.

Bahkan saat berbaring pun penderita akan tetapi merasakan nyeri namun akan lebih ringan, namun ada kalanya nyeri yang dirasakan akan semakin berat.

2.Ascites

Ascites adalah kondisi dimana terjadinya penumpukan cairan di rongga peritoneal sehingga mengakibatkan penderita mengalami perut membesar, teras berat dan nafsu makan berkurang.

Namun Ascites tidak selalu menunjukan gejala penyakit kanker, ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut seperti gagal jantung, ginjal dan TBC

3.Berat Badan Turun Drastis

Akibat nafsu makan berkurang serta sel kanker yang sudah menyebar dan bersarang di berbagai organ sehingga fungsi dari organ tersebut berkurang maka penderita kanker hati bisa mengalami penurunan berat badan secara drastis.

5.Penyakit Kuning

Penyakit kuning bisa dibilang sebagai gejala khas dari gangguan hati mulai dari hepatitis b hingga kanker hati dimana kodisi tersebut menyebabkan bagian tubuh yang berwarna putih berubah menjadi kekuning-kuningan seperti mata, kuku dan kulit.

6.Alergi Kulit

Ciri ciri kanker hati stadium akhir selanjutnya adalah penderita mengalami alergi kulit sehingga merasakan gatal yang teramat sangat di seluruh tubuh. Rasa gatal tersebut muncul akibat hepatitis yang semakin meningkat dan menyerang bersamaan dengan penyakit kuning yang timbul.

7. Selalu Letih

Selanjutnya penderita kanker hati akan selalu merasa kelelahan dan letih padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat. Hal tersebut muncul akibat dari kanker sudah menyebar luar ke organ tubuh lainnya.

Bahkan melakukan aktivitas sedikit saja penderita akan merasakan mual dan pusing hingga mengalami pingsan.

8.Urine Berwarna Gelap

Orang yang terkena penyakit kanker hati stadium akhir juga akan mengeluarkan urine cenderung berwarna gelap yang menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar ke organ lain di dekat hati yakni ginjal.

Jika penyakit kanker hati yang diderita sudah sampai pada tahap stadium lanjut yang ditandai dengan munculnya ciri ciri kanker hati stadium akhir tersebut maka penanganan yang dilakukan oleh dokter hanya bertujuan untuk meringankan nyeri yang timbul tanpa mengobatinya karena sulit untuk disembuhkan.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri kanker hati stadium akhir ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *