Cara Mengetahui Ukuran Minus Pada Mata

Inilah bagaiamana cara mengetahui ukuran minus pada mata yang bisa anda lakukan sendiri dirumah guna mengetahui sejauh mana minus mata yang diderita, mengingat jika tingkatan minus mata sudah tinggi maka itu bisa sulit disembuhkan dan juga menimbulkan bahaya kebutaan.

Cara Mengetahui Ukuran Minus Pada Mata

Mata minus atau rabun jauh merupakan kondisi dimana sipenderita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas jika jarak terlalu jauh dan sebaliknya objek yang jaraknya dekat bisa jelas terlihat.

Kondisi tersebut jelas akan sangat mengganggu dan jelas menimbulkan ketidak nyamanan, mengingat biasanya orang dengan mata minus memerlukan alat bantu kacamata atau lensa kontak guna memperbaiki penglihatannya.

Namun yang perlu diketahui adalah kacamata atau lensa kontak hanya bersifat membantu tidak untuk mengobati sehingga penggunaan kacamata tidak akan menurunkan minus mata yang dialami.

Untuk menurukan minus maka perawatan dan pengobatan tetap perlu dilakukan seperti mengkonsumsi jus wortel secara rutin atau mengkonsumsi suplemen kesehatan mata.

Baca : Cara Mengobati Rabun Jauh Secara Alami

Dan yang perlu anda ketahui adalah mata minus bisa terus meningkat dan bertambah jika tidak diatasi dan diobati yang pada akhirnya bisa sampai pada tingkat yang lebih tinggi ( minus mata maksimal ) dan kondisi tersebut jelas berbahaya.

Penyebab Mata Minus Atau Rabun Jauh

Ada 4 faktor utama yang menjadi penyebab atau menyebabkan mata mengalami gangguan mata minus, yakni sebagai berikut :

1). Pola Hidup Atau Kebiasaan Yang Buruk

Ada beberapa kebiasan buruk yang bisa menyebabkan mata minus seperti membaca sambil tidur, membaca di tempat yang memiliki penerangan kurang, menonton televisi dari jarak dekat, menggunakan komputer dan gadget secara berlebih.

Selain itu berdasarkan penelitian yang dilakukan orang-orang yang tinggal di perkotaan beresiko tinggi mengalami mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan.

Itu semua karena sebagian besar masyarakat perkotaan banyak menghabiskan waktu ditempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh.

Selain itu masyarakt perkotaan cenderung dan kebanyakan beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar.

2). Faktor Genetik Atau Keturunan

Jika saat ini anda mengalami mata minus maka ada kemungkinan salah satu dari anak anda mengalami hal yang sama.

Atau anda cari tahu apakah ada salah satu anggota keluargan anda yang mempunyai mata minus ? Misalnya ayah, ibu dsb. Jika memang ada, berarti penyebab mata minus anda adalah karena faktor keturunan.

3). Kurang Istirahat

Kuranya istirahat juga bisa berdampak pada penglihatan yakni bisa menyebabkan mata minus, untuk itu kami sarankan jangan terlalu memaksakan mata anda untuk terus bekerja keras seperti tidak berlama-lama didepan komputer hingga lakukan tidur yang cukup.

4). Kekurangan Asupan Vitamin A

Orang yang tidak mendapatkan asupan vitamin A memiliki resiko tinggi terkena mata minus akibat dari jaringan mata mengalami kerusaka.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan asipan vitamian pada tubuh adalah rutin mengkonsumsi sayur yang mengnadung vitamin A tinggi seperti wortel.

Nah itulah beberapa faktor utama yang bisa menyebabkan mata minus sehingga mulai dari sekarang jauh dan kurangi beberapa faktor tersebut utamanya jika anda sudah mengalami mata minus.

Cara Mengetahui Ukuran Minus Pada Mata

Jika saat ini anda merasa mengalami gangguan penglihatan seperti apa yang telah kami sampaika diatas, maka berikut ini adalah bagaimana cara mengetahui ukuran minus pada mata yang bisa anda lakukan sendiri di rumah sebelum menemui dokter.

Langkah pertama silahkan anda perhatikan huruf dalam gambar di bawah ini dari jarak 50 cm dari layan monitor anda !

Cara Mengetahui Ukuran Minus Pada Mata

Jika mata anda normal maka anda akan dengan mudah melihat dan membaca huruf – huruf tersebut utamanya kalimat yang dihasilkan dari kumpulan huruf-huruf tersebut yakni ” Presidenku tidak mampu hentikan koruptor selamatkan kpk selamatkan indonesia “.

Namun sebaliknya jika anda tidak mampu membaca karena huruf-huruf yang terlihat tidak begitu jelas maka kemungkinan besar anda benar-benar mengalami mata minus atau rabun jauh.

Untuk mengetahui sejauh mana mata minus yang anda derita maka langkah paling bijak yang perlu anda lakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter sehingga anda mendapatkan kepastian minus mata yang anda alami.

Tips Mengatasi Mata Minus

Untuk mengatasi dan mencegah minus mata bertambah maka berikut ini adalah tips atau langkah yang bisa anda coba lakukan, yakni :

  • Lepas kacamata pembantu jika anda tidak sedang dalam ruangan sempit atau bekerja, utamanya jika anda masih bisa melihat jelas tanpa kacamata.

  • Latihlah mata anda dengan cara melihat objek jauh tanpa menggunakan kacamata seperti melihat pesawahaan, perbukitan atau pegunungan.

  • Jika anda sedang di pinggir jalan anda bisa mengamati orang-orang, motor ataupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat dan perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh tidak rabun

  • Jika anda bekerja di depan komputer maka usahakan setiap 25 menit, luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk anda mungkin untuk sekedar mengambil air minum dan cobalah untuk melihat keluar jendela / luar rumah, lihat lingkungan sekitar anda.

  • Konsumsi jus wortel secara rutin karena jus wortel terbukti mampu mengatasi mata minus

  • Konsumsi suplemen kesehatan mata ( misal : Walatra Sehat Mata )

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mengetahui ukuran minus pada mata ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Post By
www.sehatwalatra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *