Bahaya Tumor Abdomen Yang Perlu Diwaspadai

Bahaya Tumor Abdomen .- Perlu anda ketahui, meskipun jarang terjadi tumor abdomen berbahaya karena bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Bahaya Tumor Abdomen

Bahaya Tumor Abdomen Yang Perlu Diwaspadai

Tumor abodomen adalah tumor yang tumbuh dan berkembang dibagian perut dan lebih sering terjadi atau menyerang anak-anak.

Pada awal kemunculannya tumor abdomen sering kali tidak menimbulkan gejala bahkan hingga tumor dapat teraba yakni berupa benjolan keras di perut.

Tumor abdomen baru terdeteksi dan dikenali jika ukuran tumor sudah besar atau tidak sengaja terdeteksi oleh dokter pada saat memeriksa keluhan atau masalah lain pada perut.

Gejala tumor abdomen yang muncul jika ukuran tumor sudah besar adalah sebagai berikut, yakni :

  • Sering Mual
  • Muntah
  • Nyeri Perut
  • Penurun Berat Badan
  • Sulit Buang Air Kecil Atau Besar
  • Perut Membesar

Segera lakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa gejala tersebut sering anda keluhkan saat ini, dengan begitu maka hal tersebut atau bahaya tumor abdomen yang muncul bisa anda hindari.

Bahaya tumor abdomen yang paling serius adalah bisa mengancam jiwa ( kematian ) sehingga anda perlu benar-benar melakukan penanganan jika anda mengalami gejala tumor abdomen.

Bahaya Tumor Abdomen

Selain kematian yang paling fatal, berikut ini bahaya tumor abdomen lainnya yang bisa muncul atau terjadi jika tidak ditangani dan obati dengan serius, yakni :

1. Tumor Pankreas

Komplikasi dari bahaya tumor abdomen yang sering muncul adalah tumor pankreas yang muncul akibat dari tumor semakin berkembang sehingga menyerang organ lainnya dan pankreas adalah organ yang paling dekat.

Tumor pankreas pada penderita tumor abdomen juga merupakan tanda jika tumor abdomen sudah semakin ganas dan masuk stadium lanjut.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala tumor prankeas, yakni :

  • Demam dan menggigil
  • Gatal
  • Darah mudah menggumpal
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Perubahan pola buang air besar
  • Hilangnya selera makan
  • Demam

2. Hernia

Jika penderita tumor abdomen adalah pria maka tumor abdomen bisa menyebabkan hernia akibat dari sel tumor yang terus berkembang sehingga menekan isi perut sekaligus melemahkan otot perut.

Kondisi tersebut dapat membuat organ didalam perut tidak tersanggah dengan baik dan menyebabkan organ tersebut mendorong dan mencuat seperti pada pusar, pangkal paha dan paha bagian atas.

3. Penuruban Berat Badan

Adanya pertumbuhan dan perkembangan tumor dalam tubuh dapat mengakibatkan penderita mengalami penurunan nafsu makan yang berimbas kepada turunnya berat badan secara signifikan.

Hal tersebut karena tubuh mengalami gangguan penyerapan nutrisi karena sebagian nutrisi di ambil oleh sel tumor agar untuk terus tumbuh dan berkembang.

4. Sulit BAB dan BAK

Orang yang menderita penyakit tumor abdomen juga akan mengalami kesulitan buang air kecil dan besar sehingga lama kelamaan tubuh akan mengalami keracunan karena sampah yang seharusnya dibuah menumpuk didalam tubuh.

Kesulitan buang air besar dan kecil muncul akibat dari tertekannya saluran kemih dan kolon oleh tumor yang semakin membesar.

5. Usus Pecah

Usus pecah ( Obstruksi usus ) adalah kondisi dimana pecahnya usus karena tersumbat sehingga menimbulkan tekanan pada usus.

Jika tumor tumbuh di abdomen maka akan menekan usus sehingga usus tersumbat dan menyebabkan makanan, gas dan air yang masuk tidak dapat lewat dan akhirnya menciptakan tekanan pada usus sehingga usus menjadi pecah.

Jika kondisi tersebut terjadi maka jelas sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

6. Peradangan Usus

Tumor abdomen juga bisa menyebabkan usus mengalami peradangan yang hebat akibat tertekan dengan kuat oleh tumor yang kian membesar.

Radang usus yang tidak ditangani bisa menyebabkan infeksi parah sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan terganggu sehingga tubuh akan semakin lemah dan menyebabkan timbulnya komplikasi lain akibat dari sistem kekebalan tubuh menurun karena tubuh kekurangan nutrisi.

Itulah beberapa bahaya tumor abdomen yang bisa muncul dan patut diwaspadai jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Untuk itu jangan pernah abaikan penyakit tumor abdomen segera atasi dan obati dengan serius jika saat ini anda mengalami gejala tumor abdomen.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan salam sehat !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *